RajaKomen

8 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Menurut Dr. Shroff

11 Sep 2020  |  524x | Ditulis oleh : FDT
8 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Menurut Dr. Shroff

Kemungkinannya si kecil ibu sering terkena batuk pilek. Itu bisa terjadi karena kurang baiknya daya tahan tubuh si kecil. Daripada ibu harus membatasinya bermain di luar atau berinteraksi dengan teman temannya supaya tidak tertular, alangkah baiknya ibu mencari cara supaya anak memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga tidak mudah sakit. 

Palak Shroff, MD, dokter keluarga dari University Hospitals Family Medicine, Painesville, Amerika Serikat, mengatakan “Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat membantu anak melawan serangan infeksi.” Jelas Dr. Shroff “Daya tahan anak berkembang sejalan dengan usianya. Jadi, semakin sering ia terpapar bakteri atau virus di luar, daya tahan tubuhnya akan semakin kuat.”

Menurut Dr. Shroff, berikut dibawah ini 8 cara mudah meningkatkan daya tahan tubuh anak diantaranya yaitu : 

1. Memberikan ASI

Usaha untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak bisa ibu mulai sejak si kecil mengkonsumsi ASI pertamanya. Bayi yang mendapat ASI akan menerima kolostrum dengan kandungan karbohidrat, protein, dan antibodi yang kaya. Dr. Shroff mengatakan bahwa “Dengan pemberian ASI secara rutin hingga sekitar satu tahun ke depan, sistem kekebalan tubuh ibu akan ditransfer ke anak.”

2. Vaksinasi

Supaya anak dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit yang berbahaya seperti pertusis, campak, gondong, hepatitis, cacar air, dan lainnya, pastikan si kecil sudah mendapatkan semua imunisasi dasar. “Setelah usia 6 bulan, anak bisa mendapatkan vaksinasi flu.” Kata Dr. Shroff. “Ini akan membuatnya lebih cepat sembuh ketika flu menghampiri dan tidak sampai berkembang jadi pneumonia.”

3. Memberi Asupan Gizi Yang Baik

Pastikan anak menyantap menu makanan yang seimbang dengan komposisi sayuran dan buah yang tinggi. Anak bisa mendapatkan asupan antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi dalam sayur dan buah buahan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuhnya. 

4. Biasakan Tidur Dengan Teratur

Supaya anak tidak mudah sakit juga, ibu harus membiasakan si kecil supaya tidur teratur. Saat anak dan orang tua tidak beristirahat dengan cukup, maka tubuhnya akan kehilangan mekanisme pertahanan alaminya, sehingga saat penyakit datang, daya tahan tubuhnya tidak akan kuat untuk melawannya. 

5. Mengajaknya Berolaraga

Dorong si kecil untuk sering bermain di luar rumah dan berolahraga. Melakukan aktivitas fisik dapat membantu lebih lancarnya sirkulasi darah. Kinerja paru paru dan jantung juga akan menjadi lebih baik, sehingga secara otomatis akan semakin kuatnya daya tahan tubuh. 

6. Memperhatikan Kebersihan

Ajarkan si kecil untuk membiasakan diri mencuci tangannya dengan baik sebelum dan sesudah makan ke kamar mandi. Selain itu juga ajarkan si kecil untuk menutup mulutnya saat batuk. Supaya tidak mudah terkena gangguan tenggorokan, secara berkala ibu harus mengganti sikat giginya. 

7. Melindunginya Dari Asap Rokok

Anak akan menjadi lebih mudah sakit saat sering terkena paparan asap rokok. Oleh karena itu selalu jauhkan si kecil dari tempat tempat tertutup yang sering dikunjungi para perokok. Jika di rumah ada yang merokok, sering seringlah membersihkan ruangan dan mencuci tirai supaya anak tidak terpapar sisa asap yang menempel. 

8. Mengurangi Pemakaian Antibiotik

Anak yang terkena batuk atau pilek belum tentu dirinya membutuhkan antibiotik, karena bisa saja yang menjadi penyebab munculnya penyakit tersebut adalah virus. Jika ibu selalu memaksa mereka minum antibiotik saat sakit, maka lama kelamaan tubuh si kecil akan resisten terhadap bakteri sehingga akan menjadi lebih mudah sakit karena semakin melemah daya tahan tubuhnya. 

Berita Terkait
Baca Juga:
Viral! Warung Makan di Jember Trending Karena Bayar Seikhlasnya

Viral! Warung Makan di Jember Trending Karena Bayar Seikhlasnya

Kuliner      

28 Nov 2020 | 374


Aghil - Pandemi Covid-19 ini memang membuat banyak orang kesulitan, banyak orang yang kehilangan pekerjaannya akibat pandemi ini. Meski begitu, tak sedikit pula orang yang mau berbagi ...

KPK: Akibat Pembalakan Liar, Negara Mencapai Kerugian Hingga Rp 35 Trilliun Setiap Tahun

KPK: Akibat Pembalakan Liar, Negara Mencapai Kerugian Hingga Rp 35 Trilliun Setiap Tahun

Nasional      

17 Nov 2020 | 20107


Aghil - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat bahwa negara merugi hingga Rp 35 Triliun setiap tahun gara-gara pembalakan liar. "Buruknya pengawasan menyebabkan negara didera ...

Hijab.id Olshop Hijab Untuk Kamu Yang Ingin Tampil Keren Dan Kekinian

Hijab.id Olshop Hijab Untuk Kamu Yang Ingin Tampil Keren Dan Kekinian

Fashion      

25 Feb 2021 | 378


Saat ini online shop sudah sangat banyak sekali bermucunculan, dan kamu bisa membeli barang apapun yang kamu inginkan dengan cepat seperti hijab dan busana muslim yang kekinian. Hijab ...

Belajar Dari Lagu - Sejarah

Belajar Dari Lagu - Sejarah

Nasional      

19 Jun 2020 | 658


Ada banyak lagu-lagu daerah yang masih dilestarikan dan ada nasihat di dalamnya. Kesenian lagu daerah yang tersebar dari sabang sampai merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote tersimpan ...

Beberapa Permainan Yang Bisa Melatih Kreatifitas Anak Anda

Beberapa Permainan Yang Bisa Melatih Kreatifitas Anak Anda

Tips      

16 Sep 2020 | 380


Kreatfitas sangat dibutuhkan pada anak untuk membuat mereka lebih berani lagi. Dengan melatif kreatifitas anak anda, anak anda akan menjadi sangat percaya diri karena mereka merasa ...

8 Pilihan Toner yang Efektif Mengunci Kelembaban Kulit Wajah

8 Pilihan Toner yang Efektif Mengunci Kelembaban Kulit Wajah

Tips      

22 Jun 2020 | 622


Dalam tahapan basic skincare, hydrating toner menjadi salah satu produk yang wajib digunakan. Fungsinya adalah mengembalikan pH serta mempersiapkan kulit untuk produk selanjutnya. Di ...