rajatv

Selain Flu, 5 Penyakit Ini Juga Perlu Kamu Perhatikan Saat Musim Hujan

17 Okt 2020  |  74xDitulis oleh : Zona
Selain Flu, 5 Penyakit Ini Juga Perlu Kamu Perhatikan Saat Musim Hujan

Aghil - Saat musim hujan, kelembapan udara menjadi lebih tinggi. Di satu sisi, tentu kita senang karena kekeringan sudah tidak akan menyerang. Namun di sisi lain, musim hujan juga bisa berbahaya. Salah satunya adalah munculnya beberapa penyakit musiman, yakni flu.

Selain flu, kamu juga perlu menjaga beberapa penyakit ini saat hujan. Dikutip dari laman Times of India, berikut 5 penyakit yang umum terjadi saat musim hujan selain flu.

1. Demam berdarah

Penyakit demam berdarah diakibatkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Gejala demam berdarah antara lain demam yang tinggi, ruam, trombosit rendah, dan hipersensitivitas.

Untuk mencegahnya, gunakan alat atau obat pengusir nyamuk. Selain itu, kenakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh Anda.

2. Malaria

Penyakit kedua adalah malaria. Penyakit ini juga disebabkan oleh gigitan nyamuk dengan nama anopheles. Nyamuk ini biasa berkembang biak di daerah yang tergenang air. Oleh karena itu, penyakit ini sering ditemukan saat musim hujan.

Gejala dari malaria ini adalah demam, menggigil, nyeri otot, dan merasa lemah. Cara terbaik untuk mencegah malaria adalah dengan sering membersihkan tangki air dan jangan ada genangan air di lingkungan kita.

3. Diare

Penyakit ketiga yang perlu diperhatikan adalah diare. Diare ini terjadi ketika kita mengkonsumi makanan dan minuman yang tidak higienis. Diare ini dapat kita hindari dengan berhati-hati saat mengkonsumsi sesuatu.

Ada dua macam diare, akut dan kronis, yang keduanya bisa diatasi. Minum air matang dan konsumsi makanan rumahan yang bersih adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit ini.

4. Tifus

Selanjutnya ada penyakit tifus yang ditularkan melalui air. Tifus ini terjadi karena sanitasi yang buruk. Ini berarti, konsumsi makanan dan air yang dimasak atau disimpan dalam keadaan sanitasi yang buruk.Bakteri S. typhi inilah yang menyebabkan tifus.

Gejala yang terjadi adalah demam, sakit kepala, nyeri, lemas, serta sakit tenggorokan. Untuk mencegahnya, bersihkan tangan setiap saat, menahan diri dari mengkonsumsi jajanan pinggir jalan, serta minum cairan sehat.

5. Demam

Terakhir ada demam. Demam ini merupakan gejala umum yang biasa ditemukan saat musim hujan. Demam parah, batuk dan pilek merupakan gejala yang sering ditemukan saat hujan. Ini bisa berlangsung dari 3-7 hari. Namun, selalu baik untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mendiagnosis apa pun.

Berita Terkait
Baca Juga:
Cara Mengatasi Error pada Update Terbaru Windows 10

Cara Mengatasi Error pada Update Terbaru Windows 10

Tekno      

24 Jun 2020 | 179


Windows kembali melakukan update nih. Dari beberapa pengguna yang melakukan update windows ke windows 10 terbaru, mereka mengalami eror. Akibat eror ini sangat beragam. Salah satunya yang ...

Tengok Sebentar Yuk, Keserasian Nikita Willy dengan Sang Suami Menggunakan Pakaian Adat

Tengok Sebentar Yuk, Keserasian Nikita Willy dengan Sang Suami Menggunakan Pakaian Adat

Fashion      

17 Okt 2020 | 104


Aghil - Pada hari Jum'at kemarin tanggal 16 Oktober 2020, akhirnya Nikita Willy resmi dipersunting oleh Indra sang suami. Acara tersebut lebih banyak dihadiri oleh pihak keluarga, ...

8 Varian Bakpia Jogja yang Tak Boleh Dilewatkan

8 Varian Bakpia Jogja yang Tak Boleh Dilewatkan

Kuliner      

25 Jun 2020 | 212


Bakpia ialah salah satu makanan khas Jogja selain Gudeg. Kini banyak sekali outlet yang menawarkan bakpia dengan berbagai varian rasa kekinian. Sehingga para wisatawan Jogja menjadikan ...

KPK: Akibat Pembalakan Liar, Negara Mencapai Kerugian Hingga Rp 35 Trilliun Setiap Tahun

KPK: Akibat Pembalakan Liar, Negara Mencapai Kerugian Hingga Rp 35 Trilliun Setiap Tahun

Nasional      

17 Nov 2020 | 57


Aghil - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat bahwa negara merugi hingga Rp 35 Triliun setiap tahun gara-gara pembalakan liar. "Buruknya pengawasan menyebabkan negara didera ...

Lagi Cari Bedak Penyerap Minyak, Segara 7  Cek Produk Berikut

Lagi Cari Bedak Penyerap Minyak, Segara 7 Cek Produk Berikut

Tips      

22 Jun 2020 | 196


Bedak penyerap minyak atau yang juga disebut blotting powder  berguna mengontrol minyak dan sebum yang terdapat di wajah. Hal ini berguna untuk menjaga riasan tetap sempurna. Solusi ...

Cara Mengirim Pesan Gmail Terjadwal di Perangkat Berbeda

Cara Mengirim Pesan Gmail Terjadwal di Perangkat Berbeda

Tekno      

29 Jun 2020 | 130


Saat ini sudah eranya otomatis. Saat melakukan pembelian secara online, biasanya pembeli melakukan chat dengan penjual. Anda bisa bertanya soal hal dasar di dalamnya. Dan kemudian penjual ...