hijab.id

Sering Memakai Gel Rambut Ternyata Berbahaya. Nomor 3 Bikin Ngeri!

17 Okt 2020  |  200xDitulis oleh : Zona
Sering Memakai Gel Rambut Ternyata Berbahaya. Nomor 3 Bikin Ngeri!

Aghil - Agar rambut terlihat lebih rapi, gel rambut biasanya digunakan sebagai solusinya. Namun, tahukan Anda bahwa menggunakan gel rambut terlalu sering ternyata dapat membahayakan kesehatan rambut.

Berikut 6 bahaya gel rambut jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dikutip dari laman Boldsky, berikut selengkapnya.

Rambut kering

Gel rambut dapat menghilangkan kelembapan rambut sehingga membuat rambut kering. Hal ini terjadi karena adanya kandungan alkohol dan bahan kimia yang berbahaya pada gel rambut.

Selain itu, penggunaan jangka waktu lama juga membuat kulit kepala terasa gatal dan bersisik. Juga, membuat rambut menjadi kasar dan keriting.

Ketombe

Saat kulit kepala mengalami dehidrasi, banyak masalah rambut yang akan muncul. Salah satunya adalah ketombe. Kulit kepala yang kering akan sangat rentan terhadap kerusakan dan serangan bakteri yang merupakan salah satu penyebab munculnya ketombe.

Rambut rontok

Dengan menggunakan gel rambut secara berlebihan, membuat akar rambut menjadi lemah. Akar yang lemah ini akan menyebabkan kerontokan dan menghambat pertumbuhan rambut baru.

Selain itu, gel rambut juga mengeringkan kulit kepala serta membuat rambut kasar dan rapuh.

Rambut patah

Saat rambut kering, rusak, kasar, serta rapuh akan menyebabkan ujungnya menjadi bercabang. Hal ini karena gel rambut menghalangi nutrisi masuk ke kulit kepala dan menghilangkan kelembapan di kulit kepala, sehingga membuat rambut mudah patah.

Mengubah tekstur rambut

Selanjutnya, gel rambut secara ekstensif dapat mengubah tekstur rambut. Menggunakan gel rambut membuat produksi sebum di kulit kepala berkurang. Sehingga, lama kelamaan rambut menjadi tak bernyawa dan keriting, yang akhirnya mengubah tekstur rambut.

Mengubah warna

Terakhir, menggunakan gel rambut mengganggu keseimbangan pH kulit kepala. Akibatnya, warna rambut akan memudar dan berubah. Hal ini terjadi akibat bahan kimia keras yang terkandung didalam gel rambut.

Baca Juga:
Selain 3M, Jangan Lupa 2I + 1A Saat Pandemi Corona Ini

Selain 3M, Jangan Lupa 2I + 1A Saat Pandemi Corona Ini

Nasional      

2 Nov 2020 | 208


Aghil - Musim liburan diprediksi membuat kasus Covid-19 melonjak 1,5 kali lebih tinggi. Hal ini dapat dihindari, apabila liburan tersebut tetap sesuai dengan protokol kesehatan yang ...

5 Software Pembuat Aplikasi Android

5 Software Pembuat Aplikasi Android

Tekno      

25 Jun 2020 | 377


Saat ini, ada banyak sekali aplikasi android bermunculan. Dengan peluang bisnis yang cukup menjanjikan, maka tidak salah jika ada banyak developer mandiri ataupun perusahaan yang membuat ...

Tips Jitu Agar AC Mobil Tetap Awet dan Berfungsi Optimal

Tips Jitu Agar AC Mobil Tetap Awet dan Berfungsi Optimal

Tips      

26 Jun 2020 | 393


Indonesia merupakan negara yang memiliki kondisi cuaca yang cukup panas. Sebagai negara beriklim tropis, AC atau Air Conditioner sangat dibutuhkan oleh para pengendara mobil. Tanpa AC, ...

8 Varian Bakpia Jogja yang Tak Boleh Dilewatkan

8 Varian Bakpia Jogja yang Tak Boleh Dilewatkan

Kuliner      

25 Jun 2020 | 370


Bakpia ialah salah satu makanan khas Jogja selain Gudeg. Kini banyak sekali outlet yang menawarkan bakpia dengan berbagai varian rasa kekinian. Sehingga para wisatawan Jogja menjadikan ...

Tips Terhindar dari Penipu Jual Motor dan Mobil Bekas Secara Online

Tips Terhindar dari Penipu Jual Motor dan Mobil Bekas Secara Online

Tips      

2 Jul 2020 | 396


Saat ini, transaksi jual beli secara online merupakan hal lumrah. Anda bahkan bisa melakukannya hanya dengan berdiam diri saja di rumah. Meskipun begitu, bukan berarti Anda akan diberikan ...

Mudah! Ini 8 Tips Mengenakan Celana Jeans untuk Bayi

Mudah! Ini 8 Tips Mengenakan Celana Jeans untuk Bayi

Fashion      

25 Jun 2020 | 379


Celana jeans ialah celana yang nyaman dipakai terutama  untuk kegiatan kasual. Bukan hanya orang dewasa ataupun remaja saja, bayi pun dapat mengenakannya. Agar nyaman dikenakan, Bunda ...