rajatv

Selain Rendang, 3 Kuliner Indonesia Ini Juga Memikat Wisatawan Mancanegara

27 Okt 2020  |  232xDitulis oleh : Zona
Selain Rendang, 3 Kuliner Indonesia Ini Juga Memikat Wisatawan Mancanegara

Aghil - Membahas kuliner nusantara memang takkan ada habisnya untuk dinikmati. Beragam variasi dan rasa bisa kamu temukan di makanan nusantara. Bahkan, beberapa makanan khas Indonesia menarik perhatian dunia karena kelezatan dan keunikannya. Bahkan, beberapa makanan ini mudah sekali kita temukan dalam kegiatan sehari-hari kita.

Selain rendang, berikut 3 makanan asli Indonesia yang digemari oleh wisatawan mancanegara. Dilansir dari medcom.id, berikut selengkapnya.

Sate

Sate merupakan hidangan daging yang dipotong-potong kemudian ditusuk dan dibakar. Meskipun banyak makanan sejenis dapat ditemukan di beberapa negara, namun sate ini dipercaya merupakan asli Indonesia.

Mulanya, sate ini sempat dianggap makanan adaptasi dari hidangan kebab khas Timur Tengah. Kemudian, beradaptasi dengan potongan yang lebih kecil dan menyebar di seluruh Indonesia. Kemudian sate ini berkembang dengan masing-masing ciri khas dapat kita temukan di berbagai daerah.

Mulai dari sate ayam, hingga sate lilit khas Bali merupakan jenis sate yang sudah mendunia.

Tempe

Meskipun terkesan biasa dan diremehkan, ternyata tempe berhasil mendapatkan panggung di ranah mancanegara.

Dalam sejarahnya, tempe dimulai pada zaman kolonial. Metode tanam paksa dan kondisi masyarakat yang kurang mendapatkan bahan pangan lain membuat tempe menjadi bahan makanan utama untuk menjaga keseimbangan protein masyarakat Indonesia.

Encyclopaedia van Nederlandsch Indie (1922) menyebutkan tempe sebagai makanan kerakyatan karena tempe diciptakan oleh rakyat, bukan istana. Oleh karena itu kemudian muncul istilah 'bangsa tempe' yang merupakan stigmatisasi dari kalangan priyayi, sehingga membuat tempe dipandang sebelah mata.

Kata tempe berasal dari sebuah bahasa Jawa Kuno, yakni "tumpi" yang merupakan makanan berwarna putih dan dibuat dari tepung sagu mirip dengan tempe.

Saat ini, beragam cara untuk mengolah tempe ini. Mulai dari tempe goreng tepung, orak-arik, keripik tempe, dan berbagai hidangan nikmat lainnya.

Gudeg

Saat ke Yogyakarta, tidak lengkap jika tak menyantap gudeg. Bukan hanya bagi wisatawan lokal, gudeg ini ternyata populer bagi wisatawan mancanegara. Gudeg ini dibuat dari buah nangka muda yang direbus hingga empuk bersama gula aren dan bumbu lainnya.

Gudeg ini biasa disajikan bersama dengan krecek, opor ayam, telur pindang, serta sambal. Di Kota Yogyakarta, masakan khas ini dapat ditemukan paling banyak di Jalan Wijilan, dekat Keraton Yogyakarta.

Seiring berjalannya waktu, kini muncul gudeg mercon, dimana gudeg ini dibuat dengan rasa yang pedas. Ada juga gudeg kalengan yang dapat dibawa untuk perjalanan jauh.

Itulah beberapa makanan Indonesia yang telah mendunia. Bagaimana menurutmu? Apakah setuju?

Berita Terkait
Baca Juga:
Resep Keju Mozarella KW, Nikmat Ga Pake Mahal

Resep Keju Mozarella KW, Nikmat Ga Pake Mahal

Kuliner      

24 Okt 2020 | 249


Aghil - Dengan hadirnya keju mozarella, rasanya setiap masakan menjadi nikmat. Teksturnya yang mudah meleleh membuat makanan menjadi sangat menggiurkan. Maka tak heran, keju mozarella ini ...

Tips Menjaga Smartphone Tetap Aman Meski Terkena Hujan

Tips Menjaga Smartphone Tetap Aman Meski Terkena Hujan

Tekno      

17 Okt 2020 | 281


Aghil - Saat ini, Indonesia sudah memasuki musim hujan. Karena hal itu, persiapan perlu dilakukan agar aktivitas tetap berjalan dengan baik meski kondisi hujan. Salah satunya dengan menjaga ...

Menarik! Ini 7 Langkah Mudah Membuat Rawon Di Rumah

Menarik! Ini 7 Langkah Mudah Membuat Rawon Di Rumah

Kuliner      

23 Jun 2020 | 550


Menikmati olahan menu rawon tak melulu harus pergi ke restoran atau warung makan. Makanan legendaris khas Jawa Timur ini dapat dihidangkan dengan cara yang mudah di rumah. Sebelumnya ...

Tips Terhindar dari Penipu Jual Motor dan Mobil Bekas Secara Online

Tips Terhindar dari Penipu Jual Motor dan Mobil Bekas Secara Online

Tips      

2 Jul 2020 | 396


Saat ini, transaksi jual beli secara online merupakan hal lumrah. Anda bahkan bisa melakukannya hanya dengan berdiam diri saja di rumah. Meskipun begitu, bukan berarti Anda akan diberikan ...

KPK: Akibat Pembalakan Liar, Negara Mencapai Kerugian Hingga Rp 35 Trilliun Setiap Tahun

KPK: Akibat Pembalakan Liar, Negara Mencapai Kerugian Hingga Rp 35 Trilliun Setiap Tahun

Nasional      

17 Nov 2020 | 226


Aghil - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat bahwa negara merugi hingga Rp 35 Triliun setiap tahun gara-gara pembalakan liar. "Buruknya pengawasan menyebabkan negara didera ...

5 Rekomendasi Laptop Terbaru Berteknologi Canggih

5 Rekomendasi Laptop Terbaru Berteknologi Canggih

Tekno      

30 Jun 2020 | 417


Laptop terbaru yang sudah diluncurkan dengan berbagai keunggulan terbaru. Begitu juga dengan fitur terbaru sehingga berpengaruh pada harga. Namun untuk kebutuhan dengan teknologi modern ...