Tryout.id

Kisah Dibalik Pembelian Gereja oleh Muhammad Al Fatif Tahun 1953

2 Sep 2020  |  349x | Ditulis oleh : FDT
Kisah Dibalik Pembelian Gereja oleh Muhammad Al Fatif Tahun 1953

Akhir – akhir ini Hagia Sophia sedang menjadi perbincangan tidak hanya di Turki dan menjadi perbincangan di dunia juga. Hal ini tak lain dan tak bukan karena pengalihan fungsinya kembali dari museum menjadi masjid. Kontroversi akibat putusan Presiden Recep Tayyip Erdogan mengubah Hagia Sophia menjadi masjid terus bergaung dan ini memicu polemik di dunia internasional. 

Selama 15 abad terakhir, Hagia Sophia menjadi saksi sejarah berlangsungnya transisi rezim yang menguasai Konstantinopel (Istambul), mulai dari Pagan, Kekaisaran Byzantium penganut Katolik Ortodoks, Kesultanan Ottoman (Utsmaniyah) hingga era Turki Modern. 

Dalam perjalanannya , cerita sejarah yang ditorehkan Hagia Sophia cukup panjang. Berikut ini ulasan sejarah mengenai Hagia Sophia. 

1. Sejarah Panjang Hagia Sophia

Hagia Sophia dahulu kala merupakan sebuah gereja konstantinopel. Peristiwa beralihnya Hagia Sophia menjadi sebuah masjid memang menjadi perdebatan banyak negara Kristen Eropa pada masa itu. Hal ini karena pusat kerajaan Romawi Timur, Bizantium, dan juga Hagia Sophia jatuh ke tangan seorang pemuda yang bernama Sultan Muhammad Al-Fatih. Ketika itu, bahkan umur beiau belum genap 22 tahun. Tidak heran jika waktu itu peristiwa tersebut membuat semua orang tersentak. Sebagai informasi, peristiwa inilah yang kemudian dikenal dengan nama Musykilah Syarqiyyah atau masalah dari Timur atau Islam.

2. Bukti Ketajaman Matahati Sultan Muhammad Al-Fatih

Peristiwa masa lampau tentang jatuhnya Hagia Sophia tak akan pernah dilupakan oleh kaum Muslim ataupun Non Muslim. Tetapi yang menarik dari kisah Hagia Sophia pada masa itu adalah ketajaman matahati yang dimiliki oleh Sultan Muhammad Al-Fatih. Beliau dikenal juga dengan nama Sultan Mehmed II yang menjadi penguasa Utsmani ke 7 pada era 1444 hingga 1446 serta 1451 hingga 1481. Pada  masih berkuasa, beliau telah membangun sebanyak 300 masjid besar dan sedang, 57 Madrasah, dan 59 tempat pemandian yang terletak di wilayah Utsmanis, termasuk di Istanbul.

3. Kebenaran Sabda Nabi Muhammad

Peristiwa beralih fungsinya Hagia Sophia dari Gereja menjadi Masjid menjadi sebuah bukti Sabda yang disampaikan oleh Nabi Muhammad 14 Abad yang lalu. Beliau telah memberikan prediksi bahwa pasukan Muslim akan mampu merebut konstantinopel, yang kini memiliki nama Istanbul – Turki. Setelah digunakan menjadi Masjid, Hagia Sophia sempat digunakan sebagai Museum. Kini, dunia kembali memperbincangkan bangunan bersejarah ini setelah fungsinya kembali dikembalikan dari Musem menjadi sebuah Masjid yang terbuka bagi umat. Peristiwa pengembalian fungsi ini terjadi di hari Jumat tanggal 10 Juli 2020 yang lalu. Dalam Bahasa Turki, Hagia Sophia dibaca dengan Aya sofya memiliki makna kebijaksanaan suci.

4. Hagia Sophia tak Diambil dengan Semena-Mena

Ketika masih menjadi Gereja, Hagia Sophia tak diambil secara semena mena, apalagi dirampas. Namun, Sultan Muhammad Al Fatih menggunakan uang pribadinya sendiri. Uang tersebut murni dari uang pribadi beliau, bukan dari dana negara, kekayaan kaum muslim, atau Baitul Mal. Sejak saat itu, Hagia Sophia diwakafkan sebagai sebuah Masjis hingga hari Kiamat untuk umat muslim. Kebijakan inilah yang menunjukkan sikap taqwa dan jauh dari rasa arogan serta dzalim. Semua ini sudah memiliki bukti yang autentik dan asli.

5. Bagaimana Masjid Ini berubah Menjadi Museum?

Mungkin banyak dari anda yang bertanya – tanya tentang hal ini, bagaimana bisa sebuah Masjid ini bisa menjadi museum? Semua ini berawal dari kesalahan yang dilakukan oleh Kemal Attaturk. Dirinya mengubah status Hagia Sophia sebagai masjid wakaf menjadi musem di tahun 1934. Sejak itulah, masjid yang sebenarnya merupakan wakaf ini memiliki status yang berubah dengan total. Banyak orang yang mengatakan bahwa hal tersebut merupakan dosa dari Attaturk, terutama setelah revolusi kufur yang dilakukan dengan membubarkan khilafah dan menggantinya dengan Republik.

6. Pengembalian Status di Era Erdogan

Seperti yang diketahui bahwa di era presiden Erdogan sekarang lah yang membuat status Hagia Sophia kembali ke apa yang seharusnya, yakni menjadi sebuah masjid wakaf. Keputusan ini sebenarnya adalah sebuah tindakan untuk membatalkan kesalahan Attaturk yang batil tersebut karena telah mengubah status masjid menjadi museum. Seperti yang sudah diutarakan oleh Presiden Erdogan beberapa waktu lalu, kini Hagia Sophia pun terbuka untuk umat. Pintu masjid ini selalu terbuka untuk siapapun yang ingin beribadah disana.

Demikianlah tentang sejarah panjang dari pembelian Gereja oleh Sultan Muhammad Al Fatih dan kemudian Gereja tersebut diberi nama Hagia Sophia. Jika Anda berkunjung ke Turki, jangan lupa untuk sempatkan mampir kesana, karena desain dari Masjid ini sangat indah dan megah. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Oh ya jika Anda ingin juga melihat video tentang sejarah panjang dari Hagia Sophia dan video-video menarik lainnya,  Anda bisa menontonnya di chanel Raja TV. 

Berita Terkait
Baca Juga:
Cara Mengirim Pesan Gmail Terjadwal di Perangkat Berbeda

Cara Mengirim Pesan Gmail Terjadwal di Perangkat Berbeda

Tekno      

29 Jun 2020 | 288


Saat ini sudah eranya otomatis. Saat melakukan pembelian secara online, biasanya pembeli melakukan chat dengan penjual. Anda bisa bertanya soal hal dasar di dalamnya. Dan kemudian penjual ...

Keuntungan Menggunakan Layanan Jasa Pembasmi Kutu Busuk Profesional

Keuntungan Menggunakan Layanan Jasa Pembasmi Kutu Busuk Profesional

Kesehatan      

2 Mei 2021 | 12706


Keuntungan menggunakan jasa pembasmi serangga untuk rumah memang seringkali menjadi pertimbangan bagi yang akan menggunakan jasa pest control untuk membasmi berbagai jenis serangga seperti ...

Cara Baru Beriklan Dengan Aplikasi Soorvei

Cara Baru Beriklan Dengan Aplikasi Soorvei

Tekno      

1 Okt 2020 | 218


Total belanja iklan nasional tahun 2018 mencapai 145T, sedangkan tahun 2019 mencapai 181T. Meskipun pada tahun 2020 belanja iklan dipastikan turun karena pandemic covid-19 menarik bahwa ...

Sarjana Kristen Heran Mengapa Muslim Mengucapkan Selamat Natal Kepada Umat Nasrani

Sarjana Kristen Heran Mengapa Muslim Mengucapkan Selamat Natal Kepada Umat Nasrani

Nasional      

28 Des 2020 | 138


Isu sensitif yang terus terulang dalam setiap tahunnya adalah perdebatan akan boleh dan tidaknya ucapkan selamat natal oleh ummat islam. Masalah ini menjadi polemik yang tak bisa terelakan ...

5 Makanan Yang Dianggap Sehat Oleh Para Ahli, Tetapi Sebenarnya Tidak Sehat

5 Makanan Yang Dianggap Sehat Oleh Para Ahli, Tetapi Sebenarnya Tidak Sehat

Kesehatan      

30 Jun 2020 | 421


Makanan tidak sehat bertanggung jawab atas segala penyakit dan kematian dini yang dialami oleh masyarakat dunia modern. Para pakar kesehatan berusaha sebaik mungkin untuk mengarahkan ...

8 Cara Merawat Baju Batik Agar Warna Tidak Cepat Pudar

8 Cara Merawat Baju Batik Agar Warna Tidak Cepat Pudar

Fashion      

23 Jun 2020 | 509


Batik sudah menjadi kain yang mendunia dan tersohor di bisnis fashion baik di Indonesia maupun di luar negeri. Di Indonesia, bahkan sudah ditetapkan hari batik nasional yaitu pada setiap ...