rajaview

KPK: Akibat Pembalakan Liar, Negara Mencapai Kerugian Hingga Rp 35 Trilliun Setiap Tahun

17 Nov 2020  |  158xDitulis oleh : Zona
KPK: Akibat Pembalakan Liar, Negara Mencapai Kerugian Hingga Rp 35 Trilliun Setiap Tahun

Aghil - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat bahwa negara merugi hingga Rp 35 Triliun setiap tahun gara-gara pembalakan liar.

"Buruknya pengawasan menyebabkan negara didera kerugian hingga Rp 35 triliun per tahun akibat pembalakan liar," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat Peluncuran Virtual Hasil Kajian KPK dan U4 Anticorruption Resource Centre "Korupsi di Sektor Kehutanan" yang disiarkan akun Youtube KPK, Senin (16/11/2020).

Lalu, KPK menganalilsis bahwa kelemahan dalam pengawasan dalam izin pinjam pakai dapat berpotensi kehilangan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) akibat pertambangan dalam kawasan hutan. Potensi kerugian tersebut mencapai Rp 15,9 triliun per tahun.

"Ini baru data di Kalimantan, Sumatera, dan Papua saja ditemukan 1.052 usaha pertambangan dalam kawasan hutan yang tidak melalui prosedur pinjam pakai. Dengan buruknya tata kelola tersebut, korupsi menjadi penyakit yang tumbuh subur di dalamnya," ucap Alex.

Selain itu, saat KPK mengkaji tentang kebijakan pengelolaan Sumber Daya Alam sangat rentan dengan korupsi. Dari 21 regulasi yang dikaji oleh KPK, 18 regulasi yang mengatur pemanfaatan hasil hutan kayu dan penggunaan kawasan hutan rentan korupsi.

"Akibatnya, setiap proses perizinan penuh dengan suap, konflik kepentingan, perdagangan pengaruh, pemerasan bahkan state capture corruption," ungkap dia seperti dikutip Antara.

Upaya pemberantasan korupsi di sektor kehutanan, kata dia, menjadi perhatian utama sejak KPK berdiri. Melalui proses penindakan, setidaknya sudah ada 27 kasus yang ditangani KPK yang sudah berkekuatan hukum tetap.

Salah satu upaya KPK dalam memberantas korupsi di bidang ini adalah dengan adanya Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam (GNPSDA).

"KPK mendorong perbaikan sistem dan regulasi, monitoring, kepatuhan pelaku usaha, koordinasi dan supervisi, permasalahan lintas kementerian/lembaga dan pemerintah daerah," ujar Alex.

Baca Juga:
Cara Mengatasi Error pada Update Terbaru Windows 10

Cara Mengatasi Error pada Update Terbaru Windows 10

Tekno      

24 Jun 2020 | 281


Windows kembali melakukan update nih. Dari beberapa pengguna yang melakukan update windows ke windows 10 terbaru, mereka mengalami eror. Akibat eror ini sangat beragam. Salah satunya yang ...

5 Minuman Jamu yang Bisa Bantu Perangi Covid-19

5 Minuman Jamu yang Bisa Bantu Perangi Covid-19

Kesehatan      

28 Okt 2020 | 193


Aghil - Kebiasaan minum jamu tradisional sudah menjadi budaya sejak dahulu kala di Indonesia. Tujuannya, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Beberapa jamu yang biasa kita temukan ...

4 Tips Aman Berkendara Motor

4 Tips Aman Berkendara Motor

Tips      

23 Jun 2020 | 311


Saat kita berada di jalan raya, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Tidak hanya keadaan jalan, kendaraan dan keadaan pengendara itu sendiri pun perlu dilihat apakah ada yang salah atau ...

Kenali 5 Gejala Diabetes Awal Ini Sebelum Terlambat

Kenali 5 Gejala Diabetes Awal Ini Sebelum Terlambat

Kesehatan      

30 Jun 2020 | 434


Diabetes merupakan penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat dunia modern dengan total penderita lebih dari 422 juta berdasarkan laporan dari World Health ...

Seniman yang Justru Membenci Lukisannya Sendiri

Seniman yang Justru Membenci Lukisannya Sendiri

Mancanegara      

8 Sep 2020 | 153


Bicara tentang karya seni, dalam membuat karyanya, seorang seniman tentu meluangkan seluruh energi, pikiran dan perasaannya demi menghasilkan suatu karya seni yang indah, bermakna dan ...

Viral! Warung Makan di Jember Trending Karena Bayar Seikhlasnya

Viral! Warung Makan di Jember Trending Karena Bayar Seikhlasnya

Kuliner      

28 Nov 2020 | 91


Aghil - Pandemi Covid-19 ini memang membuat banyak orang kesulitan, banyak orang yang kehilangan pekerjaannya akibat pandemi ini. Meski begitu, tak sedikit pula orang yang mau berbagi ...