RajaKomen

Parents, Ketahui 5 Peran Pendidikan Keluarga Ini Untuk Anak

1 Jul 2020  |  687x | Ditulis oleh : FDT
Parents, Ketahui 5 Peran Pendidikan Keluarga Ini Untuk Anak

Pendidikan keluarga paling banyak diterima anak sejak lahir. Lingkungan pertama yang ditemui anak adalah keluarga. Jadi segala ilmu pengetahuan dasar, baik akhlak maupun keagamaan didapatkan dari keluarga masing-masing.

Segala tindak perilaku sang anak atas pembiasaan didikan dari keluarga, terutama orang tua. Pendidikan yang benar akan menuntun dan menjadikan anak bermoral, beriman kepada Sang Pencipta, dan menjunjung tinggi tanah air. Perlu diketahui peranan pendidikan dalam keluarga sebagai berikut.

Melatih dalam Pengontrolan Emosi Anak

Salah satu pendidikan keluarga yang didapatkan dari anak mengenai emosi. Tanpa disadari hubungan harmonis keluarga dapat mempengaruhi pengontrolan emosi sang anak. Suasana tentram, pemberian perhatian dan kasih sayang mempengaruhi perkembangan emosi anak.

Anak yang mendapatkan kasih sayang secara penuh, jiwanya akan lebih terkontrol. Sebaliknya, anak yang tidak mendapatkan kasih sayang dari keluarganya kemungkinan besar emosi lebih sulit dikontrol, anak lebih agresif biasanya. Ketidak harmonisan keluarga juga memicu tindakan kejahatan ketika anak dewasa.

Pendidikan Moral

Pendidikan keluarga harus menanamkan moral. Perlu diingat bahwa seorang anak pasti akan meniru perilaku orang tuanya. Jadikan keluarga yang patut diteladani bagi anak. Moral orang tua akan diamati anak dan bisa menjadi kebiasaan yang ditiru hingga dewasa kelak.

Pendidikan Sosial

Sebelum anak mengenal kehidupan bermasyarakat, telah terlebih dahulu mengenai pendidikan sosial di dalam keluarganya. Kesadaran sosial timbul dari lingkungan keluarga. Benih-benih sosial seperti saling membantu, menjaga ketertiban, saling membantu antar tetangga menjadi bentuk pelatihan anak akan pendidikan sosial.

Dasar-Dasar Keagamaan

Penanaman keagamaan tidak hanya tanggung jawab sekolah. Penanaman dasar agama sangat penting dilakukan karena agama dapat mengatur tata nilai kehidupan. Ajaran agama, beriman kepada Tuhan, dan beribadah sangat penting dilakukan dan dikenalkan sejak dini. Dengan pegangan agama yang kuat dapat mengarahkan perkembangan moralitas yang baik pada anak hingga dewasa kelak.

Menanamkan Budaya

Sopan santun bagi masyarakat Indonesia sangat diutamakan. Terdapat tata cara berperilaku kepada orang yang lebih tua dengan menghormatinya. Berbagai norma, adat istiadat, dan berbudi pekerti wajib ditanamkan pada diri anak sejak dini agar kelak dewasa sudah terbiasa akan budaya Indonesia.

Orang tua sebagai contoh bagi anak. Jadi jika menginginkan anak lebih baik, maka perlu memperbaiki diri sendiri. Keharmonisan keluarga juga patut dijaga. Jangan sampai terjadi perkelahian di hadapan anak karena bisa mempengaruhi perkembangannya.

Baca Juga:
Emporio Architect Jasa Desain Rumah Murah, Berkualitas dan Terbaik di Indonesia

Emporio Architect Jasa Desain Rumah Murah, Berkualitas dan Terbaik di Indonesia

Tips      

11 Jul 2021 | 752


Rumah merupakan investasi untuk jangka waktu panjang yang memiliki nilai tinggi sehingga merancang dan membangun suatu rumah janganlah sembarangan alias asal-asalan. Oleh sebab itu, ...

Ternyata 7 Lipbalm Berikut Ini yang Efektif Mampu Cerahkan Bibir Gelap

Ternyata 7 Lipbalm Berikut Ini yang Efektif Mampu Cerahkan Bibir Gelap

Tips      

22 Jun 2020 | 869


Lipbalm menjadi andalan banyak perempuan Indonesia selain untuk mengatasi bibir kering. Juga digunakan untuk mencerahkan bibir. Warna gelap pada bibir disebabkan oleh banyak hal salah ...

Menarik! Ini 7 Langkah Mudah Membuat Rawon Di Rumah

Menarik! Ini 7 Langkah Mudah Membuat Rawon Di Rumah

Kuliner      

23 Jun 2020 | 1397


Menikmati olahan menu rawon tak melulu harus pergi ke restoran atau warung makan. Makanan legendaris khas Jawa Timur ini dapat dihidangkan dengan cara yang mudah di rumah. Sebelumnya ...

Selain 3M, Jangan Lupa 2I + 1A Saat Pandemi Corona Ini

Selain 3M, Jangan Lupa 2I + 1A Saat Pandemi Corona Ini

Nasional      

2 Nov 2020 | 607


Aghil - Musim liburan diprediksi membuat kasus Covid-19 melonjak 1,5 kali lebih tinggi. Hal ini dapat dihindari, apabila liburan tersebut tetap sesuai dengan protokol kesehatan yang ...

4 Tips Aman Berkendara Motor

4 Tips Aman Berkendara Motor

Tips      

23 Jun 2020 | 1024


Saat kita berada di jalan raya, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Tidak hanya keadaan jalan, kendaraan dan keadaan pengendara itu sendiri pun perlu dilihat apakah ada yang salah atau ...

Beberapa Permainan Yang Bisa Melatih Kreatifitas Anak Anda

Beberapa Permainan Yang Bisa Melatih Kreatifitas Anak Anda

Tips      

16 Sep 2020 | 563


Kreatfitas sangat dibutuhkan pada anak untuk membuat mereka lebih berani lagi. Dengan melatif kreatifitas anak anda, anak anda akan menjadi sangat percaya diri karena mereka merasa ...