RajaKomen

Parents, Ketahui 5 Peran Pendidikan Keluarga Ini Untuk Anak

1 Jul 2020  |  365x | Ditulis oleh : FDT
Parents, Ketahui 5 Peran Pendidikan Keluarga Ini Untuk Anak

Pendidikan keluarga paling banyak diterima anak sejak lahir. Lingkungan pertama yang ditemui anak adalah keluarga. Jadi segala ilmu pengetahuan dasar, baik akhlak maupun keagamaan didapatkan dari keluarga masing-masing.

Segala tindak perilaku sang anak atas pembiasaan didikan dari keluarga, terutama orang tua. Pendidikan yang benar akan menuntun dan menjadikan anak bermoral, beriman kepada Sang Pencipta, dan menjunjung tinggi tanah air. Perlu diketahui peranan pendidikan dalam keluarga sebagai berikut.

Melatih dalam Pengontrolan Emosi Anak

Salah satu pendidikan keluarga yang didapatkan dari anak mengenai emosi. Tanpa disadari hubungan harmonis keluarga dapat mempengaruhi pengontrolan emosi sang anak. Suasana tentram, pemberian perhatian dan kasih sayang mempengaruhi perkembangan emosi anak.

Anak yang mendapatkan kasih sayang secara penuh, jiwanya akan lebih terkontrol. Sebaliknya, anak yang tidak mendapatkan kasih sayang dari keluarganya kemungkinan besar emosi lebih sulit dikontrol, anak lebih agresif biasanya. Ketidak harmonisan keluarga juga memicu tindakan kejahatan ketika anak dewasa.

Pendidikan Moral

Pendidikan keluarga harus menanamkan moral. Perlu diingat bahwa seorang anak pasti akan meniru perilaku orang tuanya. Jadikan keluarga yang patut diteladani bagi anak. Moral orang tua akan diamati anak dan bisa menjadi kebiasaan yang ditiru hingga dewasa kelak.

Pendidikan Sosial

Sebelum anak mengenal kehidupan bermasyarakat, telah terlebih dahulu mengenai pendidikan sosial di dalam keluarganya. Kesadaran sosial timbul dari lingkungan keluarga. Benih-benih sosial seperti saling membantu, menjaga ketertiban, saling membantu antar tetangga menjadi bentuk pelatihan anak akan pendidikan sosial.

Dasar-Dasar Keagamaan

Penanaman keagamaan tidak hanya tanggung jawab sekolah. Penanaman dasar agama sangat penting dilakukan karena agama dapat mengatur tata nilai kehidupan. Ajaran agama, beriman kepada Tuhan, dan beribadah sangat penting dilakukan dan dikenalkan sejak dini. Dengan pegangan agama yang kuat dapat mengarahkan perkembangan moralitas yang baik pada anak hingga dewasa kelak.

Menanamkan Budaya

Sopan santun bagi masyarakat Indonesia sangat diutamakan. Terdapat tata cara berperilaku kepada orang yang lebih tua dengan menghormatinya. Berbagai norma, adat istiadat, dan berbudi pekerti wajib ditanamkan pada diri anak sejak dini agar kelak dewasa sudah terbiasa akan budaya Indonesia.

Orang tua sebagai contoh bagi anak. Jadi jika menginginkan anak lebih baik, maka perlu memperbaiki diri sendiri. Keharmonisan keluarga juga patut dijaga. Jangan sampai terjadi perkelahian di hadapan anak karena bisa mempengaruhi perkembangannya.

Baca Juga:
Selain Rendang, 3 Kuliner Indonesia Ini Juga Memikat Wisatawan Mancanegara

Selain Rendang, 3 Kuliner Indonesia Ini Juga Memikat Wisatawan Mancanegara

Kuliner      

27 Okt 2020 | 341


Aghil - Membahas kuliner nusantara memang takkan ada habisnya untuk dinikmati. Beragam variasi dan rasa bisa kamu temukan di makanan nusantara. Bahkan, beberapa makanan khas Indonesia ...

6 Tempat Wisata Menarik Di Brunei Darussalam Yang Wajib Dikunjungi

6 Tempat Wisata Menarik Di Brunei Darussalam Yang Wajib Dikunjungi

Wisata      

9 Sep 2020 | 415


Kamu tahu tidak jika di Pulau Kalimantan terdapat tiga negara sekaligus? Dimana negara negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia Timur, dan Brunei Darussalam. Brunei Darussalam merupakan ...

Pengertian Lengkap Mengenai Sindrom Rett

Pengertian Lengkap Mengenai Sindrom Rett

Kesehatan      

15 Jul 2020 | 477


Apa itu Sindrom Rett? Sindrom Rett ini merupakan kelainan genetik yang mempengaruhi perkembangan otak. Dimana, penyakit yang lebih sering dialami oleh anak perempuan ini akan kelihatan ...

8 Cara Merawat Baju Batik Agar Warna Tidak Cepat Pudar

8 Cara Merawat Baju Batik Agar Warna Tidak Cepat Pudar

Fashion      

23 Jun 2020 | 569


Batik sudah menjadi kain yang mendunia dan tersohor di bisnis fashion baik di Indonesia maupun di luar negeri. Di Indonesia, bahkan sudah ditetapkan hari batik nasional yaitu pada setiap ...

Polisi: Kasus Narkoba Millen Cyrus Tetap Dilanjutkan

Polisi: Kasus Narkoba Millen Cyrus Tetap Dilanjutkan

Nasional      

28 Nov 2020 | 205


Aghil - Kepolisian menegaskan, bahwa kasus narkoba yang menyeret salah satu selebgram Tanah Air, Millen Cyrus akan tetap berlanjut. Demikian yang disampaikan oleh AKP Rezha Rahandhi, ...

Cara Baru Beriklan Dengan Aplikasi Soorvei

Cara Baru Beriklan Dengan Aplikasi Soorvei

Tekno      

1 Okt 2020 | 271


Total belanja iklan nasional tahun 2018 mencapai 145T, sedangkan tahun 2019 mencapai 181T. Meskipun pada tahun 2020 belanja iklan dipastikan turun karena pandemic covid-19 menarik bahwa ...