rajatv

8 Cara Merawat Baju Batik Agar Warna Tidak Cepat Pudar

23 Jun 2020  |  66x | Ditulis oleh : Miao
8 Cara Merawat Baju Batik Agar Warna Tidak Cepat Pudar

Batik sudah menjadi kain yang mendunia dan tersohor di bisnis fashion baik di Indonesia maupun di luar negeri. Di Indonesia, bahkan sudah ditetapkan hari batik nasional yaitu pada setiap tanggal 2 Oktober. Baju jenis ini bisa digunakan dalam acara formal maupun informal. Untuk itu, agar warna tetap terjaga dan tidak pudar, berikut adalah tips-tipsnya.

Cuci Dengan Tangan

Cara ini memang sedikit melelahkan, namun hasilnya sangat memuaskan. Mencuci dengan tangan tidak akan merusak serat kain.

Cuci di Mesin Cuci Dengan Level Normal

Cara kedua ini mungkin dapat Anda lakukan jika memang Anda tidak punya cukup waktu. Namun, cucilah baju Anda dengan mesin cuci dengan level rendah atau normal. Satu lagi, jangan mencampurnya dengan baju lain agar sertanya tetap terjaga.

Jangan Diperas

Hindari memeras baju jenis ini, cukup kibaskan beberapa kali untuk menghilangkan air bilasan.

Jangan Diberi Pewangi Saat Menyetrika

Anda termasuk yang suka menggunakan pewangi saat menyetrika? Jangan lakukan hak ini saat menyetrika baju berbahan satu ini.

Jangan Menjemur Langsung di Bawah Terik Matahari

Penyebab umum baju cepat pudar adalah menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Jangan lakukan pada baju jenis ini. Cukup angin-anginkan di tempat yang teduh.

Gunakan Suhu Rendah Saat Menyetrika

Penting untuk Anda lakukan saat menyetrika baju jenis bahan ini adalah menggunakan suhu rendah dan melapisinya dengan kain tipis saat menyetrikanya.

Jangan Gunakan Parfum Langsung Pada Baju

Tampil wangi dan memukau memang merupakan idaman setiap orang, namun jangan pernah menyemprotkan parfum Anda langsung pada baju jenis bahan ini. Parfum terbukti dapat membuat pudar warna kain.

Simpan Dengan Cara Digantung

Penyimpanan baju memang terlihat sepele, namun ini juga menentukan awet atau tidaknya warna baju Anda. Gantung saja semua baju Anda agar warnanya tetap outstanding.

Tips di atas bisa Anda terapkan pada semua baju berbahan batik yang Anda miliki. Memang beberapa perawatan itu membutuhkan banyak waktu namun apa salahnya dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dan baju Anda tetap bagua dan cemerlang warnanya.

Berita Terkait
Baca Juga:
Tips Terhindar dari Penipu Jual Motor dan Mobil Bekas Secara Online

Tips Terhindar dari Penipu Jual Motor dan Mobil Bekas Secara Online

Tips      

2 Jul 2020 | 42


Saat ini, transaksi jual beli secara online merupakan hal lumrah. Anda bahkan bisa melakukannya hanya dengan berdiam diri saja di rumah. Meskipun begitu, bukan berarti Anda akan diberikan ...

Cara Mengatasi Error pada Update Terbaru Windows 10

Cara Mengatasi Error pada Update Terbaru Windows 10

Tekno      

24 Jun 2020 | 47


Windows kembali melakukan update nih. Dari beberapa pengguna yang melakukan update windows ke windows 10 terbaru, mereka mengalami eror. Akibat eror ini sangat beragam. Salah satunya yang ...

Lagi Cari Bedak Penyerap Minyak, Segara 7  Cek Produk Berikut

Lagi Cari Bedak Penyerap Minyak, Segara 7 Cek Produk Berikut

Tips      

22 Jun 2020 | 62


Bedak penyerap minyak atau yang juga disebut blotting powder  berguna mengontrol minyak dan sebum yang terdapat di wajah. Hal ini berguna untuk menjaga riasan tetap sempurna. Solusi ...

Cara Mengirim Pesan Gmail Terjadwal di Perangkat Berbeda

Cara Mengirim Pesan Gmail Terjadwal di Perangkat Berbeda

Tekno      

29 Jun 2020 | 14


Saat ini sudah eranya otomatis. Saat melakukan pembelian secara online, biasanya pembeli melakukan chat dengan penjual. Anda bisa bertanya soal hal dasar di dalamnya. Dan kemudian penjual ...

Parents, Ketahui 5 Peran Pendidikan Keluarga Ini Untuk Anak

Parents, Ketahui 5 Peran Pendidikan Keluarga Ini Untuk Anak

Tips      

1 Jul 2020 | 8


Pendidikan keluarga paling banyak diterima anak sejak lahir. Lingkungan pertama yang ditemui anak adalah keluarga. Jadi segala ilmu pengetahuan dasar, baik akhlak maupun keagamaan ...

Menarik! Ini 7 Langkah Mudah Membuat Rawon Di Rumah

Menarik! Ini 7 Langkah Mudah Membuat Rawon Di Rumah

Kuliner      

23 Jun 2020 | 69


Menikmati olahan menu rawon tak melulu harus pergi ke restoran atau warung makan. Makanan legendaris khas Jawa Timur ini dapat dihidangkan dengan cara yang mudah di rumah. Sebelumnya ...