MU

8 Cara Merawat Baju Batik Agar Warna Tidak Cepat Pudar

23 Jun 2020  |  570x | Ditulis oleh : FDT
8 Cara Merawat Baju Batik Agar Warna Tidak Cepat Pudar

Batik sudah menjadi kain yang mendunia dan tersohor di bisnis fashion baik di Indonesia maupun di luar negeri. Di Indonesia, bahkan sudah ditetapkan hari batik nasional yaitu pada setiap tanggal 2 Oktober. Baju jenis ini bisa digunakan dalam acara formal maupun informal. Untuk itu, agar warna tetap terjaga dan tidak pudar, berikut adalah tips-tipsnya.

Cuci Dengan Tangan

Cara ini memang sedikit melelahkan, namun hasilnya sangat memuaskan. Mencuci dengan tangan tidak akan merusak serat kain.

Cuci di Mesin Cuci Dengan Level Normal

Cara kedua ini mungkin dapat Anda lakukan jika memang Anda tidak punya cukup waktu. Namun, cucilah baju Anda dengan mesin cuci dengan level rendah atau normal. Satu lagi, jangan mencampurnya dengan baju lain agar sertanya tetap terjaga.

Jangan Diperas

Hindari memeras baju jenis ini, cukup kibaskan beberapa kali untuk menghilangkan air bilasan.

Jangan Diberi Pewangi Saat Menyetrika

Anda termasuk yang suka menggunakan pewangi saat menyetrika? Jangan lakukan hak ini saat menyetrika baju berbahan satu ini.

Jangan Menjemur Langsung di Bawah Terik Matahari

Penyebab umum baju cepat pudar adalah menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Jangan lakukan pada baju jenis ini. Cukup angin-anginkan di tempat yang teduh.

Gunakan Suhu Rendah Saat Menyetrika

Penting untuk Anda lakukan saat menyetrika baju jenis bahan ini adalah menggunakan suhu rendah dan melapisinya dengan kain tipis saat menyetrikanya.

Jangan Gunakan Parfum Langsung Pada Baju

Tampil wangi dan memukau memang merupakan idaman setiap orang, namun jangan pernah menyemprotkan parfum Anda langsung pada baju jenis bahan ini. Parfum terbukti dapat membuat pudar warna kain.

Simpan Dengan Cara Digantung

Penyimpanan baju memang terlihat sepele, namun ini juga menentukan awet atau tidaknya warna baju Anda. Gantung saja semua baju Anda agar warnanya tetap outstanding.

Tips di atas bisa Anda terapkan pada semua baju berbahan batik yang Anda miliki. Memang beberapa perawatan itu membutuhkan banyak waktu namun apa salahnya dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dan baju Anda tetap bagua dan cemerlang warnanya.

Berita Terkait
Baca Juga:
Mudah! Ini 8 Tips Mengenakan Celana Jeans untuk Bayi

Mudah! Ini 8 Tips Mengenakan Celana Jeans untuk Bayi

Fashion      

25 Jun 2020 | 454


Celana jeans ialah celana yang nyaman dipakai terutama  untuk kegiatan kasual. Bukan hanya orang dewasa ataupun remaja saja, bayi pun dapat mengenakannya. Agar nyaman dikenakan, Bunda ...

Putusan MA "Menganulir" Kemenangan Jokowi-Amin Dan Penolakan RUU HIP

Putusan MA "Menganulir" Kemenangan Jokowi-Amin Dan Penolakan RUU HIP

Politik      

8 Jul 2020 | 513


Tidak ada hujan tidak ada angin tiba-tiba masyarakat dikejutkan dengan adanya putusan MA tentang gugatan Pilpres pada tanggal 28 Oktober 2019 dan baru ada bukti uploadnya di tahun sekarang ...

Cara Mengirim Pesan Gmail Terjadwal di Perangkat Berbeda

Cara Mengirim Pesan Gmail Terjadwal di Perangkat Berbeda

Tekno      

29 Jun 2020 | 322


Saat ini sudah eranya otomatis. Saat melakukan pembelian secara online, biasanya pembeli melakukan chat dengan penjual. Anda bisa bertanya soal hal dasar di dalamnya. Dan kemudian penjual ...

Tingkatkan Trafic Kunjungan Website Anda dengan Cara Ini

Tingkatkan Trafic Kunjungan Website Anda dengan Cara Ini

Tekno      

22 Jun 2020 | 402


Menghasilkan pundi-pundi rupiah tidak hanya harus berdagang atau berbisnis secara tatap muka. Ada juga bisnis untuk menghasilkan melalui jasa tanpa penjualan barang. Blogger, Vlogger, ...

Tips Jitu Agar AC Mobil Tetap Awet dan Berfungsi Optimal

Tips Jitu Agar AC Mobil Tetap Awet dan Berfungsi Optimal

Tips      

26 Jun 2020 | 467


Indonesia merupakan negara yang memiliki kondisi cuaca yang cukup panas. Sebagai negara beriklim tropis, AC atau Air Conditioner sangat dibutuhkan oleh para pengendara mobil. Tanpa AC, ...

Polisi: Kasus Narkoba Millen Cyrus Tetap Dilanjutkan

Polisi: Kasus Narkoba Millen Cyrus Tetap Dilanjutkan

Nasional      

28 Nov 2020 | 208


Aghil - Kepolisian menegaskan, bahwa kasus narkoba yang menyeret salah satu selebgram Tanah Air, Millen Cyrus akan tetap berlanjut. Demikian yang disampaikan oleh AKP Rezha Rahandhi, ...