MU

8 Cara Merawat Baju Batik Agar Warna Tidak Cepat Pudar

23 Jun 2020  |  189x | Ditulis oleh : Miao
8 Cara Merawat Baju Batik Agar Warna Tidak Cepat Pudar

Batik sudah menjadi kain yang mendunia dan tersohor di bisnis fashion baik di Indonesia maupun di luar negeri. Di Indonesia, bahkan sudah ditetapkan hari batik nasional yaitu pada setiap tanggal 2 Oktober. Baju jenis ini bisa digunakan dalam acara formal maupun informal. Untuk itu, agar warna tetap terjaga dan tidak pudar, berikut adalah tips-tipsnya.

Cuci Dengan Tangan

Cara ini memang sedikit melelahkan, namun hasilnya sangat memuaskan. Mencuci dengan tangan tidak akan merusak serat kain.

Cuci di Mesin Cuci Dengan Level Normal

Cara kedua ini mungkin dapat Anda lakukan jika memang Anda tidak punya cukup waktu. Namun, cucilah baju Anda dengan mesin cuci dengan level rendah atau normal. Satu lagi, jangan mencampurnya dengan baju lain agar sertanya tetap terjaga.

Jangan Diperas

Hindari memeras baju jenis ini, cukup kibaskan beberapa kali untuk menghilangkan air bilasan.

Jangan Diberi Pewangi Saat Menyetrika

Anda termasuk yang suka menggunakan pewangi saat menyetrika? Jangan lakukan hak ini saat menyetrika baju berbahan satu ini.

Jangan Menjemur Langsung di Bawah Terik Matahari

Penyebab umum baju cepat pudar adalah menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Jangan lakukan pada baju jenis ini. Cukup angin-anginkan di tempat yang teduh.

Gunakan Suhu Rendah Saat Menyetrika

Penting untuk Anda lakukan saat menyetrika baju jenis bahan ini adalah menggunakan suhu rendah dan melapisinya dengan kain tipis saat menyetrikanya.

Jangan Gunakan Parfum Langsung Pada Baju

Tampil wangi dan memukau memang merupakan idaman setiap orang, namun jangan pernah menyemprotkan parfum Anda langsung pada baju jenis bahan ini. Parfum terbukti dapat membuat pudar warna kain.

Simpan Dengan Cara Digantung

Penyimpanan baju memang terlihat sepele, namun ini juga menentukan awet atau tidaknya warna baju Anda. Gantung saja semua baju Anda agar warnanya tetap outstanding.

Tips di atas bisa Anda terapkan pada semua baju berbahan batik yang Anda miliki. Memang beberapa perawatan itu membutuhkan banyak waktu namun apa salahnya dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dan baju Anda tetap bagua dan cemerlang warnanya.

Berita Terkait
Baca Juga:
3 Aksesoris Smartphone Mudah Didapat Agar Smartphone Tetap Steril

3 Aksesoris Smartphone Mudah Didapat Agar Smartphone Tetap Steril

Tekno      

23 Jun 2020 | 90


Saat ini,  kita dituntut untuk selalu hidup sehat di manapun berada. Tidak hanya menjaga jaga jarak dengan orang lain dan menggunakan masker saat bepergian, Kita juga perlu menjaga ...

Seniman yang Justru Membenci Lukisannya Sendiri

Seniman yang Justru Membenci Lukisannya Sendiri

Mancanegara      

8 Sep 2020 | 21


Bicara tentang karya seni, dalam membuat karyanya, seorang seniman tentu meluangkan seluruh energi, pikiran dan perasaannya demi menghasilkan suatu karya seni yang indah, bermakna dan ...

Kisah Dibalik Pembelian Gereja oleh Muhammad Al Fatif Tahun 1953

Kisah Dibalik Pembelian Gereja oleh Muhammad Al Fatif Tahun 1953

Mancanegara      

2 Sep 2020 | 115


Akhir – akhir ini Hagia Sophia sedang menjadi perbincangan tidak hanya di Turki dan menjadi perbincangan di dunia juga. Hal ini tak lain dan tak bukan karena pengalihan fungsinya ...

Tips Merawat Hijab Segiempat Agar Awet Dan Tetap Cemerlang Warnanya

Tips Merawat Hijab Segiempat Agar Awet Dan Tetap Cemerlang Warnanya

Tips      

16 Jul 2020 | 144


Mungkin sebagian dari kalian memiliki hobi menumpuk hijab dilemari. Karena kebutuhan hijab yang dikenakan setiap harinya, membuat kamu memiliki koleksi hijab yang tidak terhitung jumlahnya. ...

Pengertian Lengkap Mengenai Sindrom Rett

Pengertian Lengkap Mengenai Sindrom Rett

Kesehatan      

15 Jul 2020 | 135


Apa itu Sindrom Rett? Sindrom Rett ini merupakan kelainan genetik yang mempengaruhi perkembangan otak. Dimana, penyakit yang lebih sering dialami oleh anak perempuan ini akan kelihatan ...

Mudah! Ini 8 Tips Mengenakan Celana Jeans untuk Bayi

Mudah! Ini 8 Tips Mengenakan Celana Jeans untuk Bayi

Fashion      

25 Jun 2020 | 169


Celana jeans ialah celana yang nyaman dipakai terutama  untuk kegiatan kasual. Bukan hanya orang dewasa ataupun remaja saja, bayi pun dapat mengenakannya. Agar nyaman dikenakan, Bunda ...