rajatv

8 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Menurut Dr. Shroff

11 Sep 2020  |  109x | Ditulis oleh : Miao
8 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Menurut Dr. Shroff

Kemungkinannya si kecil ibu sering terkena batuk pilek. Itu bisa terjadi karena kurang baiknya daya tahan tubuh si kecil. Daripada ibu harus membatasinya bermain di luar atau berinteraksi dengan teman temannya supaya tidak tertular, alangkah baiknya ibu mencari cara supaya anak memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga tidak mudah sakit. 

Palak Shroff, MD, dokter keluarga dari University Hospitals Family Medicine, Painesville, Amerika Serikat, mengatakan “Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat membantu anak melawan serangan infeksi.” Jelas Dr. Shroff “Daya tahan anak berkembang sejalan dengan usianya. Jadi, semakin sering ia terpapar bakteri atau virus di luar, daya tahan tubuhnya akan semakin kuat.”

Menurut Dr. Shroff, berikut dibawah ini 8 cara mudah meningkatkan daya tahan tubuh anak diantaranya yaitu : 

1. Memberikan ASI

Usaha untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak bisa ibu mulai sejak si kecil mengkonsumsi ASI pertamanya. Bayi yang mendapat ASI akan menerima kolostrum dengan kandungan karbohidrat, protein, dan antibodi yang kaya. Dr. Shroff mengatakan bahwa “Dengan pemberian ASI secara rutin hingga sekitar satu tahun ke depan, sistem kekebalan tubuh ibu akan ditransfer ke anak.”

2. Vaksinasi

Supaya anak dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit yang berbahaya seperti pertusis, campak, gondong, hepatitis, cacar air, dan lainnya, pastikan si kecil sudah mendapatkan semua imunisasi dasar. “Setelah usia 6 bulan, anak bisa mendapatkan vaksinasi flu.” Kata Dr. Shroff. “Ini akan membuatnya lebih cepat sembuh ketika flu menghampiri dan tidak sampai berkembang jadi pneumonia.”

3. Memberi Asupan Gizi Yang Baik

Pastikan anak menyantap menu makanan yang seimbang dengan komposisi sayuran dan buah yang tinggi. Anak bisa mendapatkan asupan antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi dalam sayur dan buah buahan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuhnya. 

4. Biasakan Tidur Dengan Teratur

Supaya anak tidak mudah sakit juga, ibu harus membiasakan si kecil supaya tidur teratur. Saat anak dan orang tua tidak beristirahat dengan cukup, maka tubuhnya akan kehilangan mekanisme pertahanan alaminya, sehingga saat penyakit datang, daya tahan tubuhnya tidak akan kuat untuk melawannya. 

5. Mengajaknya Berolaraga

Dorong si kecil untuk sering bermain di luar rumah dan berolahraga. Melakukan aktivitas fisik dapat membantu lebih lancarnya sirkulasi darah. Kinerja paru paru dan jantung juga akan menjadi lebih baik, sehingga secara otomatis akan semakin kuatnya daya tahan tubuh. 

6. Memperhatikan Kebersihan

Ajarkan si kecil untuk membiasakan diri mencuci tangannya dengan baik sebelum dan sesudah makan ke kamar mandi. Selain itu juga ajarkan si kecil untuk menutup mulutnya saat batuk. Supaya tidak mudah terkena gangguan tenggorokan, secara berkala ibu harus mengganti sikat giginya. 

7. Melindunginya Dari Asap Rokok

Anak akan menjadi lebih mudah sakit saat sering terkena paparan asap rokok. Oleh karena itu selalu jauhkan si kecil dari tempat tempat tertutup yang sering dikunjungi para perokok. Jika di rumah ada yang merokok, sering seringlah membersihkan ruangan dan mencuci tirai supaya anak tidak terpapar sisa asap yang menempel. 

8. Mengurangi Pemakaian Antibiotik

Anak yang terkena batuk atau pilek belum tentu dirinya membutuhkan antibiotik, karena bisa saja yang menjadi penyebab munculnya penyakit tersebut adalah virus. Jika ibu selalu memaksa mereka minum antibiotik saat sakit, maka lama kelamaan tubuh si kecil akan resisten terhadap bakteri sehingga akan menjadi lebih mudah sakit karena semakin melemah daya tahan tubuhnya. 

Berita Terkait
Baca Juga:
Cara Mengirim Pesan Gmail Terjadwal di Perangkat Berbeda

Cara Mengirim Pesan Gmail Terjadwal di Perangkat Berbeda

Tekno      

29 Jun 2020 | 133


Saat ini sudah eranya otomatis. Saat melakukan pembelian secara online, biasanya pembeli melakukan chat dengan penjual. Anda bisa bertanya soal hal dasar di dalamnya. Dan kemudian penjual ...

Putusan MA "Menganulir" Kemenangan Jokowi-Amin Dan Penolakan RUU HIP

Putusan MA "Menganulir" Kemenangan Jokowi-Amin Dan Penolakan RUU HIP

Politik      

8 Jul 2020 | 220


Tidak ada hujan tidak ada angin tiba-tiba masyarakat dikejutkan dengan adanya putusan MA tentang gugatan Pilpres pada tanggal 28 Oktober 2019 dan baru ada bukti uploadnya di tahun sekarang ...

Selain Flu, 5 Penyakit Ini Juga Perlu Kamu Perhatikan Saat Musim Hujan

Selain Flu, 5 Penyakit Ini Juga Perlu Kamu Perhatikan Saat Musim Hujan

Kesehatan      

17 Okt 2020 | 76


Aghil - Saat musim hujan, kelembapan udara menjadi lebih tinggi. Di satu sisi, tentu kita senang karena kekeringan sudah tidak akan menyerang. Namun di sisi lain, musim hujan juga bisa ...

Selain 3M, Jangan Lupa 2I + 1A Saat Pandemi Corona Ini

Selain 3M, Jangan Lupa 2I + 1A Saat Pandemi Corona Ini

Nasional      

2 Nov 2020 | 73


Aghil - Musim liburan diprediksi membuat kasus Covid-19 melonjak 1,5 kali lebih tinggi. Hal ini dapat dihindari, apabila liburan tersebut tetap sesuai dengan protokol kesehatan yang ...

MotoGP: Merasa Lebih Unggul Di Tahun 2020, Yamaha Siap Patahkan Dominasi Honda

MotoGP: Merasa Lebih Unggul Di Tahun 2020, Yamaha Siap Patahkan Dominasi Honda

Sport      

4 Agu 2020 | 206


Target Tim Yamaha di musim balapan tahun ini adalah mematahkan dominasi Honda terutama pembalap andalannya yaitu Marc Marquez yang pada musim lalu begitu mendominasi. Yamaha mempunyai ...

Tengok Sebentar Yuk, Keserasian Nikita Willy dengan Sang Suami Menggunakan Pakaian Adat

Tengok Sebentar Yuk, Keserasian Nikita Willy dengan Sang Suami Menggunakan Pakaian Adat

Fashion      

17 Okt 2020 | 108


Aghil - Pada hari Jum'at kemarin tanggal 16 Oktober 2020, akhirnya Nikita Willy resmi dipersunting oleh Indra sang suami. Acara tersebut lebih banyak dihadiri oleh pihak keluarga, ...