Al Masoem

Tips Merawat Hijab Segiempat Agar Awet Dan Tetap Cemerlang Warnanya

16 Jul 2020  |  2082x | Ditulis oleh : FDT
Tips Merawat Hijab Segiempat Agar Awet Dan Tetap Cemerlang Warnanya

Mungkin sebagian dari kalian memiliki hobi menumpuk hijab dilemari. Karena kebutuhan hijab yang dikenakan setiap harinya, membuat kamu memiliki koleksi hijab yang tidak terhitung jumlahnya. Tetapi sayangnya, kadang ada beberapa orang yang kurang telaten merawatnya. Ditambah pemakaian rutin setiap minggu, membuat hijab cenderung mudah rusak. Karena lamanya waktu juga membuat hijab menjadi kusam. Oleh karena itu dibutuhkan perawatan hijab yang benar agar awet dan tahan lama. baik itu dari serat kain ataupun dari warnanya yang tetap cemerlang.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu kamu merawat hijab. Seperti mengetahui cara mencuci, menyetrika, menggantung dan menyimpan hijab segi empat yang baik dan benar akan membuat kamu lebih mudah untuk merawat koleksi hijab yang kamu miliki.

  1. Mencuci hijab sesuai dengan kain yang digunakan. Dan ini menjadi salah satu langkah paling mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah hijab tidak mudah lepek. Sebisa mungkin mencuci hijab secara manual dengan menggunakan tangan. Bahan hijab biasanya bersifat lebut sehingga mudah rusak apabila dicuci menggunakan mesin.
  2. Hijab segi empat pada umumnya dicuci dengan detergen bubuk. Untuk menjaga kebersihan dan bau hijab tetap segar, kamu bisa mencampurkan sedikit cuka ketika melakukan proses pencucian.
  3. Jangan menggunakan pemutih untuk membersihkan noda. Terkadang noda makanan atau pulpen tidak bisa dihindari. Tetapi ketika mencuci jangan menggunakan cairan pemutih untuk membersihkan noda dari kain hijab. Gunakan cairan khusus pembersih noda, bukan pemutih yang bisa bikin warna hijab jadi luntur.
  4. Setelah mencuci, segera jemur model hijab segi empat kamu ditempat yang lumayan teduh dan tidak terpapar sinar matahari langsung afar warna hijab tidak pudar dan kainnya pun tidak mudah rusak.
  5. Hijab segi empat umumnya dapat disetrika asalkan suhunya tidak terlalu panas. Jika kamu sedikit ragu, kamu bisa melapisi hijab dengan bahan lain saat menyetrikanya.
  6. Menyetrika hijab juga harus benar, agar hijab segi empat selalu tampak rapi dan tidak mudah kusut. Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan yaitu setrika seluruh bagian permukaan hijab baru dilipat.
  7. Jangan memakai bola kamper di dalam lemari penyimpanan hijab. Karena kamper hanya akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Pilihlah pewangi lemari berbentuk sachet dengan aroma segar seperti lavender.
  8. Untuk penyimpanan hijab segi empat, kamu bisa menggantungnya menggunakan gantungan khusus hijab dan menempatkannya di lemari khusus.

Demikianlah beberapa tips merawat hijab segi empat agar awet dan tetap cemerlang warnanya.

Berita Terkait
Baca Juga:
Pesantren Al Masoem

Pengajaran Toleransi Beragama di Pesantren Modern Al Masoem Bandung

Pendidikan      

18 Mei 2024 | 40


Pesantren Modern Al Masoem di Bandung telah menjadi sebuah lembaga pendidikan Islam yang memegang teguh prinsip-prinsip toleransi dan kerukunan antar umat beragama. Sebagai sebuah pesantren ...

Inilah Fitur Quick Credit LINE Bank yang Menguntungkan Bagi Peminjam Kredit

Inilah Fitur Quick Credit LINE Bank yang Menguntungkan Bagi Peminjam Kredit

Tips      

17 Des 2023 | 620


LINE Bank merupakan salah satu bank digital yang mengeluarkan berbagai program pinjaman bank online untuk membantu permasalahan finansial masyarakat. Salah satu programnya adalah ...

4 Tips Aman Berkendara Motor

4 Tips Aman Berkendara Motor

Tips      

23 Jun 2020 | 1740


Saat kita berada di jalan raya, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Tidak hanya keadaan jalan, kendaraan dan keadaan pengendara itu sendiri pun perlu dilihat apakah ada yang salah atau ...

Kajian Mendalam: Siapa yang Merusak Proses Demokrasi dan Reformasi?

Kajian Mendalam: Siapa yang Merusak Proses Demokrasi dan Reformasi?

Politik      

12 Feb 2024 | 171


Reformasi dalam konteks demokrasi merujuk pada serangkaian upaya atau perubahan yang dilakukan untuk meningkatkan atau memperbaiki sistem demokrasi suatu negara. Reformasi demokrasi dapat ...

Wujudkan Hunian Nyaman Desain Rumah Minimalis  dengan Emporio Architect

Wujudkan Hunian Nyaman Desain Rumah Minimalis dengan Emporio Architect

Tips      

7 Nov 2021 | 1736


Menggunakan Jasa arsitek Rumah sebagai pilihan tepat untuk Anda yang ingin memiliki hunian impian yang nyaman dan memiliki estetika tinggi dapat terpenuhi. Desain rumah yang bisa Anda ...

Inilah Cara Mudah Mendapatkan Kode Redeem FF

Inilah Cara Mudah Mendapatkan Kode Redeem FF

Tekno      

11 Jul 2021 | 10684


Game sampai saat ini sudah sangat sulit dipisahkan dari kehidupan para pengguna smartphone, terutama mereka yang menyukai game untuk mengisi waktu atau refreshing setelah seharian penat ...