MU

Tips Sukses Memulai Bisnis Rumahan

29 Sep 2020  |  558x | Ditulis oleh : FDT
Tips Sukses Memulai Bisnis Rumahan

Sekarang ini banyak orang yang ingin memiliki bisnis sendiri, tetapi terhalang oleh modal yang dibutuhkan. Jalan keluar terbaik adalah memulai usaha rumahan. Untuk memulai bisnis rumahan Anda dapat memanfaatkan lahan kosong yang ada dirumah Anda, misalnya garasi, halaman atau dapur untuk memulai menjalankan bisnis. Dengan memanfaatkan yempat yang ada (rumah), Anda dapat menghemat biaya modal yang besar, sehingga modal yang ada bisa Anda lokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Bisnis rumahan bisa menjadi sukses jika tepat menjalankannya. Berikut ini beberapa cara yang harus Anda lakukan jika ingin sukses memulai bisnis rumahan.

  • Minta Dukungan Keluarga

Keluarga adalah bagian terpenting sebelum memulai bisnis, apalagi jika Anda baru akan merintis bisnis. Keluarga menjadi pendukung dari segi material dan non material. Apabila tidak mendukung maka bisnis yang Anda jalankan akan sulit untuk berkembang, dan bisa jadi menjadi gagal karena tidak adanya dukungan dari keluarga. Oleh sebab itu dukungan dari keluarga sangatlah penting dalam berbisnis dari awal merintis hingga sukses.

  • Hindari Pikiran Dari Kegagalan

Dalam berbisnis ada 2 pilihan, yaitu sukses atau gagal. Pebisnis sejati yidak aikan pernah merasa takut gagal, meskipun masih pemula. Jika dari awal sudah merasa tidak yakin dengan bisnis yang dijalani, maka dapat dipastikan kedepannya bisnis akan mengalami kegagalan. Mental seorang pebisnis biasanya akan kuat seiring berjalannya waktu dan rintangan-rintangan yang dihadapi. Memang membutuhkan proses yang panjang agar bisa meraih kesuksesan.

  • Visi dan Misi Bisnis

 Menentukan visi dan misi untuk menentukan arah tujuan bisnis, meskipun hanya berbisnis rumahan, Anda harus tetap menentukan dengan jelas agar ketika bisnis berjalan akan ada tujuan jelas yang dicapai kedepannya dan mempunyai target. Tanpa adanya visi dan misi maka akan sulit untuk mencapai tujuan.

  • Kebutuhan Modal

Jika modal Anda belum cukup, Anda tidak bisa menjalankan bisnis. Hitung dengan teliti mana saja kebutuhan yang paling penting agar bisnis bisa berjalan. Dan usahakan untuk menghindari pembelian barang-barang yang dirasa belum perlu. Manfaatkanlah apa yang ada di sekitar rumah untuk memulai bisnis. Seperti garasi, halaman, dapur, dan sebagainya.

  • Belajar Aministrasi

Walaupun bisnis yang dijalani hanya bisnis rumahan, tetapi Anda juga perlu menguasai administrasi walaupun hanya sederhana. Selalu lakukan pencatatan administrasi dengan tertib walaupun nilainya terbilang kecil dan jangan mencampurkan keuangan milik pribadi dengan bisnis. Administrasi adalah salah satu pondasi utama untuk kelangsungan bisnis.

  • Pilih Bidang Sesuai Passion

Dalam memulai suatu bisnis adalah passion yang Anda miliki. Karena dengan passion yang Anda miliki, maka apa yang Anda lakukan akan lebih semangat dan terasa lebih ringan. Ketika bisnis yang dijalankan dengan semangat, maka bisnis akan cepat meraih kesuksesan. Dan hindari bidang bisnis yang tidak sesuai dengan passion.

  • Tentukan Keunikan Produk

 Pada saat Anda memulai bisnis, produk yang Anda miliki dapat diterima baik oleh konsumen dan Anda memiliki produk yang lebih unik dibanding produk sejenis. Terlebih sekarang ini persaingan semakin ketat sehingga setiap produk yang dipasarkan harus menarik hati pelanggan. Selain itu dengan menggunakan produk yang unik, maka brand Anda akan lebih mudah diingat oleh para konsumen.

  • Promosi Yang Tepat

Dalam sebuah bisnis, promosi adalah hal yang sangat penting dan menentukan kesuksesan sebuah usaha. Promosi perlu dilakukan untuk mengenalkan produk yang Anda miliki kepada calon pelanggan. Semakin banyak orang mengetahui produk Anda maka akan semakin terbuka lebar Anda mencapai kesuksesan. Promosi bisa Anda lakukan melalui keluarga, teman atau melalui media sosial.

Itulah beberapa tips untuk memulai usaha yang akan Anda lakukan. Dan yang terpenting tetap semangat dalam berbisnis untuk mencapai kesuksesan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Lagi Cari Bedak Penyerap Minyak, Segara 7  Cek Produk Berikut

Lagi Cari Bedak Penyerap Minyak, Segara 7 Cek Produk Berikut

Tips      

22 Jun 2020 | 702


Bedak penyerap minyak atau yang juga disebut blotting powder  berguna mengontrol minyak dan sebum yang terdapat di wajah. Hal ini berguna untuk menjaga riasan tetap sempurna. Solusi ...

Yuk Intip 9 Kreasi Bentuk Sosis Jumbo yang Lucu

Yuk Intip 9 Kreasi Bentuk Sosis Jumbo yang Lucu

Kuliner      

22 Jun 2020 | 733


Sosis jumbo menjadi salah satu varian baru yang baru-baru ini populer di dunia kuliner Indonesia. Sebenarnya sosis ini sama seperti sosis pada umumnya mengenai rasa dan komposisi, yang ...

Tips Terhindar dari Penipu Jual Motor dan Mobil Bekas Secara Online

Tips Terhindar dari Penipu Jual Motor dan Mobil Bekas Secara Online

Tips      

2 Jul 2020 | 590


Saat ini, transaksi jual beli secara online merupakan hal lumrah. Anda bahkan bisa melakukannya hanya dengan berdiam diri saja di rumah. Meskipun begitu, bukan berarti Anda akan diberikan ...

Tips Sukses Memulai Bisnis Rumahan

Tips Sukses Memulai Bisnis Rumahan

Tips      

29 Sep 2020 | 558


Sekarang ini banyak orang yang ingin memiliki bisnis sendiri, tetapi terhalang oleh modal yang dibutuhkan. Jalan keluar terbaik adalah memulai usaha rumahan. Untuk memulai bisnis rumahan ...

Penyebab Penyakit Neuropati Prifer Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Penyakit Neuropati Prifer Dan Cara Mengatasinya

Kesehatan      

3 Apr 2021 | 273


Diabetes adalah penyakit yang paling sering terjadi pada orang yang mempunyai berat badan berlebihan atau obesitas. Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini adalah dengan cara mengontrol ...

6 Cara Atasi Kulit Kering pada Wajah, Jangan Tunggu Sampai Bermasalah

6 Cara Atasi Kulit Kering pada Wajah, Jangan Tunggu Sampai Bermasalah

Tips      

30 Okt 2020 | 467


Aghil - Perawatan pada kulit wajah memang sangat penting. Karena banyak masalah dapat terjadi pada wajah. Salah satunya adalah dehidrasi. Hal ini akan membuat kulit menjadi kering dan ...