RajaKomen

Inilah Risiko Jika Terlambat Membayar Premi Asuransi

29 Jun 2022  |  170x | Ditulis oleh : FDT
Inilah Risiko Jika Terlambat Membayar Premi Asuransi

Ketika Anda sudah memutuskan untuk membeli polis asuransi, yang perlu Anda perhatikan juga tidak hanya soal hak-hak apa saja yang akan Anda terima dari pihak asuransi. Anda tentunya juga harus memenuhi kewajiban Anda sebagai nasabah, salah satunya adalah dengan membayar Premi Asuransi tepat waktu.

Yang sering menjadi permasalahan banyak nasabah adalah karena lupa atau sibuk dengan aktivitas yang dijalani. Karena kelalaian atau  terlambat membayar premi tentunya akan menghadapi berbagai risiko. Lalu risiko apa saja yang akan dihadapi nasabah? Berikut ini beberapa risiko jika telat membayar premi asuransi.

Hampir semua polis asuransi memiliki masa tenggang 30 hari dan Anda masih diperbolehkan untuk membayar polis secara terlambat. Jika setiap peserta asuransi membayar premi tepat waktu, pihak asuransi akan tetap melindungi mereka dari risiko-risiko yang bisa saja terjadi. Akan tetapi sebaliknya Anda terlambat membayar premi, Anda akan mengalami berbagai hal berikut ini.

  • Status Polis Asuransi Dibekukan untuk Sementara Waktu

Karena keterlambatan membayar Premi aasuransi dapat emmbuat polis dan status kepesertaan Anda ditangguhkan sampai Anda melunasi tagihan premi asuransi tersebut. Akibat keterlamabatan tersebut Anda nantinya tidak dapat mengajukan klaim setidaknya untuk sementara waktu.

  • Terkena Membayar Denda

Jika Anda terlambat membayar premi asuransi, Anda harus membayar sejumlah denda. Sebenarnya tidak semua perusahaan asuransi memberlakukan membayar denda, akan tetapi biasanya sanksi denda baru akan berlaku jika memenuhi kondisi tertentu. Misalnya adalah jika sudah melewati batas maksimal waktu membayar premi asuransi yang sudah ditentukan dalam polis.

  • Status Polis Asuransi Diblokir

Risiko ini yang paling berat jika terlambat bayar premi hingga beberapa bulan adalah status kepesertaan Anda diblokir atau dinonaktifkan. Nantinya, Anda tidak bisa lagi memanfaatkan semua layanan apapun dari asuransi tersebut. Ini artinya jika Anda tidak segera membayar premi, status polis asuransi akan batal secara otomatis. Jika masih ingin memiliki asuransi ttersebut Anda perlu membuat dari awal lagi dan jangan sampai sampai terlambat lagi untuk membayar premi.

Untuk menghindari terlambat membayar premi dan terhindar dari risiko-risiko tersebut diatas, Anda bisa mengikuti cara bayar premi asuransi tepat waktu berikut ini:

  1. Gunakan pembayaran otomatis (autodebit). Terbukti cara ini lebih praktis karena setiap bulannya uang yang ada di tabungan akan terpotong secara otomatis untuk bayar premi asuransi.
  2. Gunakan atau buatlah pengingat di kalender, misalnya dengan menandai pada kalender handphone atau kalender kertas. Dan Anda bisa memberikan keterangan jatuh tempopada kedua kalender tersebut.
  3. Mencatat premi di anggaran bulanan agar tidak lupa membayar premi di awal bulan.

Demikianlah informasi tentang risiko apa saja yang bisa dialami bila terlambat bayar premi asuransi dan cara yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko terlambat bayar Premi Asuransi.

Dalam hal memilih asuransi yang tepat dan dapat memberikan banyak keuntungan, Anda bisa menggunakan Produk PFI Mega Life. PFI Mega Life adalah Asuransi Jiwa dan Kesehatan Terbaik Indonesia dengan produk yang terjangkau dan memberikan layanan yang berkualitas untuk masyarakat Indonesia.

PFI Mega Life menyediakan rangkaian produk asuransi jiwa untuk melayani nasabah dengan jangkauan luas, dari korporasi besar hingga individu. Dan penawaran produknya termasuk produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi dan asuransi credit shield.

Untuk info lebih jelasnya tentang PFI Mega Life, Anda bisa mengunjungi websitenya di www.pfimegalife.co.id.

Berita Terkait
Baca Juga:
Tips Sukses Memulai Bisnis Rumahan

Tips Sukses Memulai Bisnis Rumahan

Tips      

29 Sep 2020 | 1174


Sekarang ini banyak orang yang ingin memiliki bisnis sendiri, tetapi terhalang oleh modal yang dibutuhkan. Jalan keluar terbaik adalah memulai usaha rumahan. Untuk memulai bisnis rumahan ...

Liburan Semakin Menyenangkan Bersama Bus Pariwisata Melody Transport

Liburan Semakin Menyenangkan Bersama Bus Pariwisata Melody Transport

Wisata      

3 Des 2021 | 330


Liburan bersama keluarga, kerabat atau teman bersama-sama tentunya sangat mengasyikan. Namun agar rencana perjalanan Anda dan rombongan menyenangkan dan berjaan dengan baik, pastinya ...

Tips Menjaga Smartphone Tetap Aman Meski Terkena Hujan

Tips Menjaga Smartphone Tetap Aman Meski Terkena Hujan

Tekno      

17 Okt 2020 | 1320


Aghil - Saat ini, Indonesia sudah memasuki musim hujan. Karena hal itu, persiapan perlu dilakukan agar aktivitas tetap berjalan dengan baik meski kondisi hujan. Salah satunya dengan menjaga ...

Cara Mudah Membuat Sanwitch Donat Crispy Lezat

Cara Mudah Membuat Sanwitch Donat Crispy Lezat

Kuliner      

27 Agu 2022 | 65


Sandwich memang selalu jadi andalan untuk sarapan, bekal, atau sekedar cemilan sore. Membuatnya juga cukup cepat dan mudah. Dengan isian daging asap, selada, irisan tomat, timun dan bawang ...

Temukan Produk dan Informasi Tentang Menstrual Cup Pada Platform SehatQ.com

Temukan Produk dan Informasi Tentang Menstrual Cup Pada Platform SehatQ.com

Kesehatan      

8 Maret 2022 | 280


Ketika seorang wanita sedang menstruasi, pembalut adalah solusi yang paling tepat. Tetapi apakah Anda mengetahui produk menstrual cup yang juga bisa digunakan untuk menampung darah saat ...

6 Tempat Wisata Menarik Di Brunei Darussalam Yang Wajib Dikunjungi

6 Tempat Wisata Menarik Di Brunei Darussalam Yang Wajib Dikunjungi

Wisata      

9 Sep 2020 | 1138


Kamu tahu tidak jika di Pulau Kalimantan terdapat tiga negara sekaligus? Dimana negara negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia Timur, dan Brunei Darussalam. Brunei Darussalam merupakan ...