hijab.id

Kenali 5 Gejala Diabetes Awal Ini Sebelum Terlambat

30 Jun 2020  |  642x | Ditulis oleh : FDT
Kenali 5 Gejala Diabetes Awal Ini Sebelum Terlambat

Diabetes merupakan penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat dunia modern dengan total penderita lebih dari 422 juta berdasarkan laporan dari World Health Organization.

Walaupun diabetes sering diasosiasikan dengan kelebihan berat badan, efek dari diabetes bisa berakibat fatal seperti kebutaan, gagal ginjal, stroke, sampai amputasi.

Mengerikannya lagi, seperempat penderita diabetes tidak menyadari kalau dirinya memiliki penyakit diabetes dan sekalinya kena diabetes, anda tahu kalau hidup akan berganti ke yang lebih buruk untuk selamanya.

Untuk itu, anda perlu mengenali 5 gejala diabetes awal ini sebelum terlambat!

1. Rasa haus dan frekuensi buang air kecil meningkat

Rasa haus dan frekuensi buang air kecil yang meningkat bisa diakibatkan oleh kadar gula yang tinggi. Tubuh secara otomatis akan mengeluarkan kadar gula yang berlebihan itu bersama dengan air kencing dan efeknya juga akan membuat anda merasa lebih haus untuk menutupi kebutuhan cairan normal.

2. Penglihatan memudar

Penderita diabetes sering memiliki gangguan penglihatan seperti katarak. Katarak muncul karena kandungan gula membentuk lapisan yang menutupi lensa mata sehingga bisa menghambat proses masuknya cahaya dan membuat penglihatan semakin pudar.

Jika sudah seperti ini, anda harus mendapat operasi mata secepatnya untuk mengganti lensa mata yang rusak dengan lensa buatan.

3. Luka yang sulit sembuh

Dikarenakan kadar gula yang tinggi memperlambat aliran pendarahan sampai mempersempit pembuluh darah, hal ini bisa membuat proses penyembuhan luka lebih sulit sembuh.

Kalau anda menyadari kalau lukanya lama sembuh, maka mulai dari sekarang anda harus menjaga dan merawat kulit setiap saat dan dalam kondisi apapun.

4. Selalu merasa kelaparan

Penderita diabetes memiliki nafsu makan yang besar dan akan selalu merasa kelaparan meskipun sedang makanan. Hal ini dikarenakan cadangan gula dalam tubuh berkurang.

Sebagai akibat, anda tubuh akan merasa lemas dan nafsu makan akan selalu ada.

5. Berat badan menurun

Penurunan berat badan tanpa alasan jelas sering dialami oleh penderita awal diabetes dan hanya sedikit saja yang menyadarinya. Biasanya penurunan berat badan terjadi akibat terbuangnya sebagian gula ke ginjal melalui urine.

Padahal kadar gula tersebut merupakan hasil pencernaan dalam lambung sehingga tidak peduli jumlah makanan yang dimakan, insulin tidak dapat menyalurkan kandungan gula agar dijadikan sebagai sumber energi tubuh.

Baca Juga:
Seniman yang Justru Membenci Lukisannya Sendiri

Seniman yang Justru Membenci Lukisannya Sendiri

Mancanegara      

8 Sep 2020 | 251


Bicara tentang karya seni, dalam membuat karyanya, seorang seniman tentu meluangkan seluruh energi, pikiran dan perasaannya demi menghasilkan suatu karya seni yang indah, bermakna dan ...

Lagi Cari Bedak Penyerap Minyak, Segara 7  Cek Produk Berikut

Lagi Cari Bedak Penyerap Minyak, Segara 7 Cek Produk Berikut

Tips      

22 Jun 2020 | 460


Bedak penyerap minyak atau yang juga disebut blotting powder  berguna mengontrol minyak dan sebum yang terdapat di wajah. Hal ini berguna untuk menjaga riasan tetap sempurna. Solusi ...

Resep Keju Mozarella KW, Nikmat Ga Pake Mahal

Resep Keju Mozarella KW, Nikmat Ga Pake Mahal

Kuliner      

24 Okt 2020 | 300


Aghil - Dengan hadirnya keju mozarella, rasanya setiap masakan menjadi nikmat. Teksturnya yang mudah meleleh membuat makanan menjadi sangat menggiurkan. Maka tak heran, keju mozarella ini ...

Selain Rendang, 3 Kuliner Indonesia Ini Juga Memikat Wisatawan Mancanegara

Selain Rendang, 3 Kuliner Indonesia Ini Juga Memikat Wisatawan Mancanegara

Kuliner      

27 Okt 2020 | 279


Aghil - Membahas kuliner nusantara memang takkan ada habisnya untuk dinikmati. Beragam variasi dan rasa bisa kamu temukan di makanan nusantara. Bahkan, beberapa makanan khas Indonesia ...

Lagi Nyari Laptop Toshiba yang paling Bagus? Ini Dia Rekomendasinya

Lagi Nyari Laptop Toshiba yang paling Bagus? Ini Dia Rekomendasinya

Tekno      

11 Sep 2020 | 306


Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan produsen raksasa elektronik yang bernama Toshiba bukan? Ya, adapun mengenai beragam produk-produk Toshiba yang tersebar dipasaran, mulai dari ...

8 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Menurut Dr. Shroff

8 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Menurut Dr. Shroff

Kesehatan      

11 Sep 2020 | 289


Kemungkinannya si kecil ibu sering terkena batuk pilek. Itu bisa terjadi karena kurang baiknya daya tahan tubuh si kecil. Daripada ibu harus membatasinya bermain di luar atau berinteraksi ...