rajatv

Kenali 5 Gejala Diabetes Awal Ini Sebelum Terlambat

30 Jun 2020  |  211x | Ditulis oleh : Miao
Kenali 5 Gejala Diabetes Awal Ini Sebelum Terlambat

Diabetes merupakan penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat dunia modern dengan total penderita lebih dari 422 juta berdasarkan laporan dari World Health Organization.

Walaupun diabetes sering diasosiasikan dengan kelebihan berat badan, efek dari diabetes bisa berakibat fatal seperti kebutaan, gagal ginjal, stroke, sampai amputasi.

Mengerikannya lagi, seperempat penderita diabetes tidak menyadari kalau dirinya memiliki penyakit diabetes dan sekalinya kena diabetes, anda tahu kalau hidup akan berganti ke yang lebih buruk untuk selamanya.

Untuk itu, anda perlu mengenali 5 gejala diabetes awal ini sebelum terlambat!

1. Rasa haus dan frekuensi buang air kecil meningkat

Rasa haus dan frekuensi buang air kecil yang meningkat bisa diakibatkan oleh kadar gula yang tinggi. Tubuh secara otomatis akan mengeluarkan kadar gula yang berlebihan itu bersama dengan air kencing dan efeknya juga akan membuat anda merasa lebih haus untuk menutupi kebutuhan cairan normal.

2. Penglihatan memudar

Penderita diabetes sering memiliki gangguan penglihatan seperti katarak. Katarak muncul karena kandungan gula membentuk lapisan yang menutupi lensa mata sehingga bisa menghambat proses masuknya cahaya dan membuat penglihatan semakin pudar.

Jika sudah seperti ini, anda harus mendapat operasi mata secepatnya untuk mengganti lensa mata yang rusak dengan lensa buatan.

3. Luka yang sulit sembuh

Dikarenakan kadar gula yang tinggi memperlambat aliran pendarahan sampai mempersempit pembuluh darah, hal ini bisa membuat proses penyembuhan luka lebih sulit sembuh.

Kalau anda menyadari kalau lukanya lama sembuh, maka mulai dari sekarang anda harus menjaga dan merawat kulit setiap saat dan dalam kondisi apapun.

4. Selalu merasa kelaparan

Penderita diabetes memiliki nafsu makan yang besar dan akan selalu merasa kelaparan meskipun sedang makanan. Hal ini dikarenakan cadangan gula dalam tubuh berkurang.

Sebagai akibat, anda tubuh akan merasa lemas dan nafsu makan akan selalu ada.

5. Berat badan menurun

Penurunan berat badan tanpa alasan jelas sering dialami oleh penderita awal diabetes dan hanya sedikit saja yang menyadarinya. Biasanya penurunan berat badan terjadi akibat terbuangnya sebagian gula ke ginjal melalui urine.

Padahal kadar gula tersebut merupakan hasil pencernaan dalam lambung sehingga tidak peduli jumlah makanan yang dimakan, insulin tidak dapat menyalurkan kandungan gula agar dijadikan sebagai sumber energi tubuh.

Baca Juga:
5 Rekomendasi Laptop Terbaru Berteknologi Canggih

5 Rekomendasi Laptop Terbaru Berteknologi Canggih

Tekno      

30 Jun 2020 | 189


Laptop terbaru yang sudah diluncurkan dengan berbagai keunggulan terbaru. Begitu juga dengan fitur terbaru sehingga berpengaruh pada harga. Namun untuk kebutuhan dengan teknologi modern ...

MotoGP: Merasa Lebih Unggul Di Tahun 2020, Yamaha Siap Patahkan Dominasi Honda

MotoGP: Merasa Lebih Unggul Di Tahun 2020, Yamaha Siap Patahkan Dominasi Honda

Sport      

4 Agu 2020 | 151


Target Tim Yamaha di musim balapan tahun ini adalah mematahkan dominasi Honda terutama pembalap andalannya yaitu Marc Marquez yang pada musim lalu begitu mendominasi. Yamaha mempunyai ...

4 Tips Aman Berkendara Motor

4 Tips Aman Berkendara Motor

Tips      

23 Jun 2020 | 160


Saat kita berada di jalan raya, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Tidak hanya keadaan jalan, kendaraan dan keadaan pengendara itu sendiri pun perlu dilihat apakah ada yang salah atau ...

Seniman yang Justru Membenci Lukisannya Sendiri

Seniman yang Justru Membenci Lukisannya Sendiri

Mancanegara      

8 Sep 2020 | 20


Bicara tentang karya seni, dalam membuat karyanya, seorang seniman tentu meluangkan seluruh energi, pikiran dan perasaannya demi menghasilkan suatu karya seni yang indah, bermakna dan ...

6 Tempat Wisata Menarik Di Brunei Darussalam Yang Wajib Dikunjungi

6 Tempat Wisata Menarik Di Brunei Darussalam Yang Wajib Dikunjungi

Wisata      

9 Sep 2020 | 65


Kamu tahu tidak jika di Pulau Kalimantan terdapat tiga negara sekaligus? Dimana negara negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia Timur, dan Brunei Darussalam. Brunei Darussalam merupakan ...

8 Pilihan Toner yang Efektif Mengunci Kelembaban Kulit Wajah

8 Pilihan Toner yang Efektif Mengunci Kelembaban Kulit Wajah

Tips      

22 Jun 2020 | 177


Dalam tahapan basic skincare, hydrating toner menjadi salah satu produk yang wajib digunakan. Fungsinya adalah mengembalikan pH serta mempersiapkan kulit untuk produk selanjutnya. Di ...