MU

Kenali 5 Gejala Diabetes Awal Ini Sebelum Terlambat

30 Jun 2020  |  505x | Ditulis oleh : FDT
Kenali 5 Gejala Diabetes Awal Ini Sebelum Terlambat

Diabetes merupakan penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat dunia modern dengan total penderita lebih dari 422 juta berdasarkan laporan dari World Health Organization.

Walaupun diabetes sering diasosiasikan dengan kelebihan berat badan, efek dari diabetes bisa berakibat fatal seperti kebutaan, gagal ginjal, stroke, sampai amputasi.

Mengerikannya lagi, seperempat penderita diabetes tidak menyadari kalau dirinya memiliki penyakit diabetes dan sekalinya kena diabetes, anda tahu kalau hidup akan berganti ke yang lebih buruk untuk selamanya.

Untuk itu, anda perlu mengenali 5 gejala diabetes awal ini sebelum terlambat!

1. Rasa haus dan frekuensi buang air kecil meningkat

Rasa haus dan frekuensi buang air kecil yang meningkat bisa diakibatkan oleh kadar gula yang tinggi. Tubuh secara otomatis akan mengeluarkan kadar gula yang berlebihan itu bersama dengan air kencing dan efeknya juga akan membuat anda merasa lebih haus untuk menutupi kebutuhan cairan normal.

2. Penglihatan memudar

Penderita diabetes sering memiliki gangguan penglihatan seperti katarak. Katarak muncul karena kandungan gula membentuk lapisan yang menutupi lensa mata sehingga bisa menghambat proses masuknya cahaya dan membuat penglihatan semakin pudar.

Jika sudah seperti ini, anda harus mendapat operasi mata secepatnya untuk mengganti lensa mata yang rusak dengan lensa buatan.

3. Luka yang sulit sembuh

Dikarenakan kadar gula yang tinggi memperlambat aliran pendarahan sampai mempersempit pembuluh darah, hal ini bisa membuat proses penyembuhan luka lebih sulit sembuh.

Kalau anda menyadari kalau lukanya lama sembuh, maka mulai dari sekarang anda harus menjaga dan merawat kulit setiap saat dan dalam kondisi apapun.

4. Selalu merasa kelaparan

Penderita diabetes memiliki nafsu makan yang besar dan akan selalu merasa kelaparan meskipun sedang makanan. Hal ini dikarenakan cadangan gula dalam tubuh berkurang.

Sebagai akibat, anda tubuh akan merasa lemas dan nafsu makan akan selalu ada.

5. Berat badan menurun

Penurunan berat badan tanpa alasan jelas sering dialami oleh penderita awal diabetes dan hanya sedikit saja yang menyadarinya. Biasanya penurunan berat badan terjadi akibat terbuangnya sebagian gula ke ginjal melalui urine.

Padahal kadar gula tersebut merupakan hasil pencernaan dalam lambung sehingga tidak peduli jumlah makanan yang dimakan, insulin tidak dapat menyalurkan kandungan gula agar dijadikan sebagai sumber energi tubuh.

Baca Juga:
Belajar Dari Lagu - Sejarah

Belajar Dari Lagu - Sejarah

Nasional      

19 Jun 2020 | 327


Ada banyak lagu-lagu daerah yang masih dilestarikan dan ada nasihat di dalamnya. Kesenian lagu daerah yang tersebar dari sabang sampai merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote tersimpan ...

KPK: Akibat Pembalakan Liar, Negara Mencapai Kerugian Hingga Rp 35 Trilliun Setiap Tahun

KPK: Akibat Pembalakan Liar, Negara Mencapai Kerugian Hingga Rp 35 Trilliun Setiap Tahun

Nasional      

17 Nov 2020 | 186


Aghil - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat bahwa negara merugi hingga Rp 35 Triliun setiap tahun gara-gara pembalakan liar. "Buruknya pengawasan menyebabkan negara didera ...

Polisi: Kasus Narkoba Millen Cyrus Tetap Dilanjutkan

Polisi: Kasus Narkoba Millen Cyrus Tetap Dilanjutkan

Nasional      

28 Nov 2020 | 119


Aghil - Kepolisian menegaskan, bahwa kasus narkoba yang menyeret salah satu selebgram Tanah Air, Millen Cyrus akan tetap berlanjut. Demikian yang disampaikan oleh AKP Rezha Rahandhi, ...

Meskipun Mudah, Cara Ini Terbukti Mampu Menjaga Privasi Anda. Nomor 3 Penting!

Meskipun Mudah, Cara Ini Terbukti Mampu Menjaga Privasi Anda. Nomor 3 Penting!

Tekno      

17 Okt 2020 | 321


Aghil - Privasi adalah salah satu hal penting, terutama saat kita menggunakan perangkat smartphone ataupun laptop. Privasi ini tentu perlu dijaga, karena data penting yang ada didalamnya. ...

Yuk Intip 7 Olahan Ayam Geprek Berikut

Yuk Intip 7 Olahan Ayam Geprek Berikut

Kuliner      

29 Jun 2020 | 375


Ayam geprek ialah sajian kekinian yang bisa ditemukan di restoran ataupun di pinggir jalan. Umumnya di outlet bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Masakan yang sangat diminati ...

Viral! Warung Makan di Jember Trending Karena Bayar Seikhlasnya

Viral! Warung Makan di Jember Trending Karena Bayar Seikhlasnya

Kuliner      

28 Nov 2020 | 126


Aghil - Pandemi Covid-19 ini memang membuat banyak orang kesulitan, banyak orang yang kehilangan pekerjaannya akibat pandemi ini. Meski begitu, tak sedikit pula orang yang mau berbagi ...