MU

Penyebab Penyakit Neuropati Prifer Dan Cara Mengatasinya

3 Apr 2021  |  167x | Ditulis oleh : FDT
Penyebab Penyakit Neuropati Prifer Dan Cara Mengatasinya

Diabetes adalah penyakit yang paling sering terjadi pada orang yang mempunyai berat badan berlebihan atau obesitas. Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini adalah dengan cara mengontrol berat badan yang berlebihan. Seperti diabetes tipe 2 merupakan penyebab paling umum terjadinya Neuropati. Semakin cepat gejala neuropati perifer dideteksi, semakin baik pluang untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Neuropati perifer terjadi karena adanya gangguan yang disebabbkan oleh kerusakan pada sistem saraf saraf tepi. Kerusakan yang terjadi menyebabkan proses pengiriman sinyal antara sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi terganggu. Kerusakan ini bisa menyebabkan gangguan seperti mengirim sinyal sakit ke otak walau ada sesuatu yang menyakiti tubuh atau gangguan mengirim sinyal sakit meski tidak ada yang menyebabkan sakit.

Setiap saraf pada sistem perifer memiliki fungsi tertentu, sehingga gejala yang muncul biasanya tergantung pada jenis saraf yang terkena dampak. Gejala-gejala tersebut seperti:

  1. Pada jantung, gejala yang dirasakan bisa berupa pusing, pingsan saat berdiri setelah duduk. Apabila Anda mengalami nyeri dada, ini adalah peringatan penyakit jantung dan serangan jantung. Selain itu gejala yang ditimbulkan adalah napas pendek, mendadak lelah, berkeringat, mual dan muntah.
  2. Pada Pencernaan, gejala ini biasanya meliputi kenyang walau hanya sedikit makan dan sensasi panas pada perut. Bahkan gejala bisa seperti muntah Ketika makanan yang kamu makan belum sempat dicerna.
  3. Pada Kandung Kemih, gejalanya dapat berupa kebocoran urine atau kehilangan kemampuan untuk mengatur kapan harus buang air kecil.
  4. Berkeringat terlalu sedikt arau berkeringat terlalu banyak. Jika kondisi ini terjadi, bisa mengacaukan temperatur pada tubuh.
  5. Kerusakan pada saraf dapat menyebabkan kesulitan dalam mengendalikan otot dan menyebabkan lemahnya otot. Gejala dapat dirasakan Ketika Anda menggerakkan salah satu bagian tubuh Anda.

Untuk membantu meringankan gejala penyakit neuropati perifer dapat dilakukan dengan cara:

  • Olahraga

Dengan berolahraga teratur seperti berjalan kaki dua hari sekali bisa mengurangi rasa sakit akibat dari neuropati perifer. Selain itu berjalan kali juga bisa meningkatkan kekuatan otot dan membantu mengendalikan kadar gula darah.

  • Berhenti merokok

Jika Anda berhenti merokok dan terus dilakukan dapat mempengaruhi sirkulasi dan meningkatkan risiko masalah pada kaki dan kompilkasi neuropati perifer lainnya.

  • Menjaga Kadar Gula

Jika Anda mengidap dan mempunyai luka dalam tubuh, rawat dengan baik dengan memeriksa luka setiap hari untuk mempercepat proses penyembuhan.

  • Gizi yang Seimbang

Dengan mengonsumsi vitamin dan mengubah pola diet Anda bisa jadi pilihan yang bagus. Mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji,bijian, dan protein tanpa lemak dalam diet Anda sangatlah penting untuk memastikan asupan vitamin dan meineral Anda cukup. Selain itu vitamin B neurotropik juga terbukti dapat membantu menjaga Kesehatan fungsi saraf Anda agar terhindar dari kebas, kesemutan, dan gangguan saraf lainnya.

Selain cara diatas untuk  meringankan penyakit Neuropati Perifer adalah dengan mengonsumsi Neurobion, vitamin yang larut dalam air yang menyediakan sejumlah vitamin B. kombinasinas spesifik B1, B6 dan B12 dalam obat ini dirancang untuk mendukung sistem kardiovaskular, metabolism, sistem pencernaan dan sistem saraf pusat yang sehat.

Neurobion memiliki banyak manfaat seperti:

  • Perncernaan yang Baik
  • Memproduksi energi
  • Bermanfaat untuk Kesehatan sistem saraf
  • Memulihkan Stamina

Neurobion adalah suplemen yang bertindak sebagai multivitamin, menyediakan sejumlah nutrisi yang mengatasi kekurangan pada makanan seseorang.

Baca Juga:
Polisi: Kasus Narkoba Millen Cyrus Tetap Dilanjutkan

Polisi: Kasus Narkoba Millen Cyrus Tetap Dilanjutkan

Nasional      

28 Nov 2020 | 255


Aghil - Kepolisian menegaskan, bahwa kasus narkoba yang menyeret salah satu selebgram Tanah Air, Millen Cyrus akan tetap berlanjut. Demikian yang disampaikan oleh AKP Rezha Rahandhi, ...

Selain Rendang, 3 Kuliner Indonesia Ini Juga Memikat Wisatawan Mancanegara

Selain Rendang, 3 Kuliner Indonesia Ini Juga Memikat Wisatawan Mancanegara

Kuliner      

27 Okt 2020 | 434


Aghil - Membahas kuliner nusantara memang takkan ada habisnya untuk dinikmati. Beragam variasi dan rasa bisa kamu temukan di makanan nusantara. Bahkan, beberapa makanan khas Indonesia ...

Selain Flu, 5 Penyakit Ini Juga Perlu Kamu Perhatikan Saat Musim Hujan

Selain Flu, 5 Penyakit Ini Juga Perlu Kamu Perhatikan Saat Musim Hujan

Kesehatan      

17 Okt 2020 | 345


Aghil - Saat musim hujan, kelembapan udara menjadi lebih tinggi. Di satu sisi, tentu kita senang karena kekeringan sudah tidak akan menyerang. Namun di sisi lain, musim hujan juga bisa ...

Viral! Warung Makan di Jember Trending Karena Bayar Seikhlasnya

Viral! Warung Makan di Jember Trending Karena Bayar Seikhlasnya

Kuliner      

28 Nov 2020 | 268


Aghil - Pandemi Covid-19 ini memang membuat banyak orang kesulitan, banyak orang yang kehilangan pekerjaannya akibat pandemi ini. Meski begitu, tak sedikit pula orang yang mau berbagi ...

Tips Menjaga Smartphone Tetap Aman Meski Terkena Hujan

Tips Menjaga Smartphone Tetap Aman Meski Terkena Hujan

Tekno      

17 Okt 2020 | 490


Aghil - Saat ini, Indonesia sudah memasuki musim hujan. Karena hal itu, persiapan perlu dilakukan agar aktivitas tetap berjalan dengan baik meski kondisi hujan. Salah satunya dengan menjaga ...

Mudah! Ini 8 Tips Mengenakan Celana Jeans untuk Bayi

Mudah! Ini 8 Tips Mengenakan Celana Jeans untuk Bayi

Fashion      

25 Jun 2020 | 503


Celana jeans ialah celana yang nyaman dipakai terutama  untuk kegiatan kasual. Bukan hanya orang dewasa ataupun remaja saja, bayi pun dapat mengenakannya. Agar nyaman dikenakan, Bunda ...