rajatraffic

Selain Flu, 5 Penyakit Ini Juga Perlu Kamu Perhatikan Saat Musim Hujan

17 Okt 2020  |  290xDitulis oleh : Zona
Selain Flu, 5 Penyakit Ini Juga Perlu Kamu Perhatikan Saat Musim Hujan

Aghil - Saat musim hujan, kelembapan udara menjadi lebih tinggi. Di satu sisi, tentu kita senang karena kekeringan sudah tidak akan menyerang. Namun di sisi lain, musim hujan juga bisa berbahaya. Salah satunya adalah munculnya beberapa penyakit musiman, yakni flu.

Selain flu, kamu juga perlu menjaga beberapa penyakit ini saat hujan. Dikutip dari laman Times of India, berikut 5 penyakit yang umum terjadi saat musim hujan selain flu.

1. Demam berdarah

Penyakit demam berdarah diakibatkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Gejala demam berdarah antara lain demam yang tinggi, ruam, trombosit rendah, dan hipersensitivitas.

Untuk mencegahnya, gunakan alat atau obat pengusir nyamuk. Selain itu, kenakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh Anda.

2. Malaria

Penyakit kedua adalah malaria. Penyakit ini juga disebabkan oleh gigitan nyamuk dengan nama anopheles. Nyamuk ini biasa berkembang biak di daerah yang tergenang air. Oleh karena itu, penyakit ini sering ditemukan saat musim hujan.

Gejala dari malaria ini adalah demam, menggigil, nyeri otot, dan merasa lemah. Cara terbaik untuk mencegah malaria adalah dengan sering membersihkan tangki air dan jangan ada genangan air di lingkungan kita.

3. Diare

Penyakit ketiga yang perlu diperhatikan adalah diare. Diare ini terjadi ketika kita mengkonsumi makanan dan minuman yang tidak higienis. Diare ini dapat kita hindari dengan berhati-hati saat mengkonsumsi sesuatu.

Ada dua macam diare, akut dan kronis, yang keduanya bisa diatasi. Minum air matang dan konsumsi makanan rumahan yang bersih adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit ini.

4. Tifus

Selanjutnya ada penyakit tifus yang ditularkan melalui air. Tifus ini terjadi karena sanitasi yang buruk. Ini berarti, konsumsi makanan dan air yang dimasak atau disimpan dalam keadaan sanitasi yang buruk.Bakteri S. typhi inilah yang menyebabkan tifus.

Gejala yang terjadi adalah demam, sakit kepala, nyeri, lemas, serta sakit tenggorokan. Untuk mencegahnya, bersihkan tangan setiap saat, menahan diri dari mengkonsumsi jajanan pinggir jalan, serta minum cairan sehat.

5. Demam

Terakhir ada demam. Demam ini merupakan gejala umum yang biasa ditemukan saat musim hujan. Demam parah, batuk dan pilek merupakan gejala yang sering ditemukan saat hujan. Ini bisa berlangsung dari 3-7 hari. Namun, selalu baik untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mendiagnosis apa pun.

Berita Terkait
Baca Juga:
Tips Terhindar dari Penipu Jual Motor dan Mobil Bekas Secara Online

Tips Terhindar dari Penipu Jual Motor dan Mobil Bekas Secara Online

Tips      

2 Jul 2020 | 462


Saat ini, transaksi jual beli secara online merupakan hal lumrah. Anda bahkan bisa melakukannya hanya dengan berdiam diri saja di rumah. Meskipun begitu, bukan berarti Anda akan diberikan ...

8 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Menurut Dr. Shroff

8 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Menurut Dr. Shroff

Kesehatan      

11 Sep 2020 | 337


Kemungkinannya si kecil ibu sering terkena batuk pilek. Itu bisa terjadi karena kurang baiknya daya tahan tubuh si kecil. Daripada ibu harus membatasinya bermain di luar atau berinteraksi ...

Kisah Dibalik Pembelian Gereja oleh Muhammad Al Fatif Tahun 1953

Kisah Dibalik Pembelian Gereja oleh Muhammad Al Fatif Tahun 1953

Mancanegara      

2 Sep 2020 | 385


Akhir – akhir ini Hagia Sophia sedang menjadi perbincangan tidak hanya di Turki dan menjadi perbincangan di dunia juga. Hal ini tak lain dan tak bukan karena pengalihan fungsinya ...

Lagi Cari Bedak Penyerap Minyak, Segara 7  Cek Produk Berikut

Lagi Cari Bedak Penyerap Minyak, Segara 7 Cek Produk Berikut

Tips      

22 Jun 2020 | 519


Bedak penyerap minyak atau yang juga disebut blotting powder  berguna mengontrol minyak dan sebum yang terdapat di wajah. Hal ini berguna untuk menjaga riasan tetap sempurna. Solusi ...

Tips Sukses Memulai Bisnis Rumahan

Tips Sukses Memulai Bisnis Rumahan

Tips      

29 Sep 2020 | 361


Sekarang ini banyak orang yang ingin memiliki bisnis sendiri, tetapi terhalang oleh modal yang dibutuhkan. Jalan keluar terbaik adalah memulai usaha rumahan. Untuk memulai bisnis rumahan ...

KPK: Akibat Pembalakan Liar, Negara Mencapai Kerugian Hingga Rp 35 Trilliun Setiap Tahun

KPK: Akibat Pembalakan Liar, Negara Mencapai Kerugian Hingga Rp 35 Trilliun Setiap Tahun

Nasional      

17 Nov 2020 | 11742


Aghil - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat bahwa negara merugi hingga Rp 35 Triliun setiap tahun gara-gara pembalakan liar. "Buruknya pengawasan menyebabkan negara didera ...