MU

Menarik! Ini 7 Langkah Mudah Membuat Rawon Di Rumah

23 Jun 2020  |  69x | Ditulis oleh : Miao
Menarik! Ini 7 Langkah Mudah Membuat Rawon Di Rumah

Menikmati olahan menu rawon tak melulu harus pergi ke restoran atau warung makan. Makanan legendaris khas Jawa Timur ini dapat dihidangkan dengan cara yang mudah di rumah. Sebelumnya siapkan dahulu seluruh bahan yang diperlukan seperti daging sapi, tauge dan beberapa rempah pilihan. Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut.

Membersihkan dan Memotong Daging

Langkah pertama yang harus dilakukan dengan mencuci daging lalu memotongnya dengan bentuk dadu atau sesuai selera. Potongan yang disarankan adalah potongan yang tidak terlalu besar agar nantinya lebih mudah disantap. Potongan yang dimaksud disebut juga dengan potongan yummy bite yang dapat di lahap dalam sekali suapan.

Merebus Daging Hingga Empuk

Setelah daging dipotong-potong, kemudian siapkan air dalam panci dan panaskan di atas api sedang bersama dengan potongan daging tersebut. Rebus daging hingga teksturnya menjadi empuk. Daging yang empuk akan membuat sajian rawon semakin nikmat.

Masukkan Serai, Lengkuas dan Daun Jeruk

Masukkan bahan-bahan berikutnya yaitu serai, lengkuas dan daun jeruk ke dalam panci berisi daging. Serai, lengkuas dan daun jeruk akan membuat masakan harum dan terasa lebih sedap. Rempah-rempah tersebut juga menjadi bahan khas untuk berbagai masakan olahan daging lainnya.

Tumis Bumbu Halus

Bahan-bahan yang telah disiapkan untuk membuat bumbu harus dihaluskan terlebih dahulu secara bersamaan. Setelah itu, tumis bumbu hingga keluar aroma harum. Menumis bumbu sebelum mencampurkannya dengan rebusan daging akan membuat rasa makanan lebih kuat dan sedap.

Masukkan Tumisan Bumbu Ke Dalam Rebusan Daging

Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging dan aduk rata lalu diamkan hingga air sedikit menyusut. Dengan proses perebusan tersebut daging akan menjadi lunak dan bumbu pun akan meresap pada daging.

Tambahkan Irisan Bawang Goreng

Setelah matang, masukkan irisan bawang goreng untuk menambah masakan jadi lebih sedap. Rasa khas bawang merah yang digoreng dapat menambah selera makan Anda.

Sajikan Bersama Taburan Tauge

Saatnya menikmati masakan Anda dengan taburan tauge. Tauge yang biasa digunakan pada menu ini adalah tauge pendek dari kacang hijau. Makanan ini akan lebih nikmat dan mengenyangkan jika disantap dengan nasi hangat dan sambal pedas.

Demikian 7 langkah mudah untuk membuat rawon ala rumahan dan lezat dan tentu lebih terjamin kebersihannya. Makanan ini juga bisa dijadikan inspirasi menu masakan harian Anda.

Baca Juga:
Yuk Intip 7 Olahan Ayam Geprek Berikut

Yuk Intip 7 Olahan Ayam Geprek Berikut

Kuliner      

29 Jun 2020 | 69


Ayam geprek ialah sajian kekinian yang bisa ditemukan di restoran ataupun di pinggir jalan. Umumnya di outlet bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Masakan yang sangat diminati ...

8 Cara Merawat Baju Batik Agar Warna Tidak Cepat Pudar

8 Cara Merawat Baju Batik Agar Warna Tidak Cepat Pudar

Fashion      

23 Jun 2020 | 65


Batik sudah menjadi kain yang mendunia dan tersohor di bisnis fashion baik di Indonesia maupun di luar negeri. Di Indonesia, bahkan sudah ditetapkan hari batik nasional yaitu pada setiap ...

Mudah! Ini 8 Tips Mengenakan Celana Jeans untuk Bayi

Mudah! Ini 8 Tips Mengenakan Celana Jeans untuk Bayi

Fashion      

25 Jun 2020 | 48


Celana jeans ialah celana yang nyaman dipakai terutama  untuk kegiatan kasual. Bukan hanya orang dewasa ataupun remaja saja, bayi pun dapat mengenakannya. Agar nyaman dikenakan, Bunda ...

Tips Jitu Agar AC Mobil Tetap Awet dan Berfungsi Optimal

Tips Jitu Agar AC Mobil Tetap Awet dan Berfungsi Optimal

Tips      

26 Jun 2020 | 68


Indonesia merupakan negara yang memiliki kondisi cuaca yang cukup panas. Sebagai negara beriklim tropis, AC atau Air Conditioner sangat dibutuhkan oleh para pengendara mobil. Tanpa AC, ...

5 Makanan Olahan dari Singkong yang Bikin Nagih

5 Makanan Olahan dari Singkong yang Bikin Nagih

Kuliner      

3 Jul 2020 | 4


Singkong merupakan salah satu makanan pokok di Indonesia. Meskipun bahannya biasa, nyatanya singkong bisa ubah menjadi makanan lezat dan mahal lho. Singkong juga memiliki banyak manfaat ...

Kuliner Khas Unik, 7 Jenis Bubur dari Berbagai Negara

Kuliner Khas Unik, 7 Jenis Bubur dari Berbagai Negara

Kuliner      

29 Jun 2020 | 11


Bubur juga sajian yang lumer di mulut. Lezat dinikmati ketika masih hangat dan lebih nikmati jika dikonsumsi dalam keadaan dingin. Bukan saja ada di Indonesia namun  dari negara lain ...