rajaview

Menarik! Ini 7 Langkah Mudah Membuat Rawon Di Rumah

23 Jun 2020  |  550x | Ditulis oleh : FDT
Menarik! Ini 7 Langkah Mudah Membuat Rawon Di Rumah

Menikmati olahan menu rawon tak melulu harus pergi ke restoran atau warung makan. Makanan legendaris khas Jawa Timur ini dapat dihidangkan dengan cara yang mudah di rumah. Sebelumnya siapkan dahulu seluruh bahan yang diperlukan seperti daging sapi, tauge dan beberapa rempah pilihan. Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut.

Membersihkan dan Memotong Daging

Langkah pertama yang harus dilakukan dengan mencuci daging lalu memotongnya dengan bentuk dadu atau sesuai selera. Potongan yang disarankan adalah potongan yang tidak terlalu besar agar nantinya lebih mudah disantap. Potongan yang dimaksud disebut juga dengan potongan yummy bite yang dapat di lahap dalam sekali suapan.

Merebus Daging Hingga Empuk

Setelah daging dipotong-potong, kemudian siapkan air dalam panci dan panaskan di atas api sedang bersama dengan potongan daging tersebut. Rebus daging hingga teksturnya menjadi empuk. Daging yang empuk akan membuat sajian rawon semakin nikmat.

Masukkan Serai, Lengkuas dan Daun Jeruk

Masukkan bahan-bahan berikutnya yaitu serai, lengkuas dan daun jeruk ke dalam panci berisi daging. Serai, lengkuas dan daun jeruk akan membuat masakan harum dan terasa lebih sedap. Rempah-rempah tersebut juga menjadi bahan khas untuk berbagai masakan olahan daging lainnya.

Tumis Bumbu Halus

Bahan-bahan yang telah disiapkan untuk membuat bumbu harus dihaluskan terlebih dahulu secara bersamaan. Setelah itu, tumis bumbu hingga keluar aroma harum. Menumis bumbu sebelum mencampurkannya dengan rebusan daging akan membuat rasa makanan lebih kuat dan sedap.

Masukkan Tumisan Bumbu Ke Dalam Rebusan Daging

Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging dan aduk rata lalu diamkan hingga air sedikit menyusut. Dengan proses perebusan tersebut daging akan menjadi lunak dan bumbu pun akan meresap pada daging.

Tambahkan Irisan Bawang Goreng

Setelah matang, masukkan irisan bawang goreng untuk menambah masakan jadi lebih sedap. Rasa khas bawang merah yang digoreng dapat menambah selera makan Anda.

Sajikan Bersama Taburan Tauge

Saatnya menikmati masakan Anda dengan taburan tauge. Tauge yang biasa digunakan pada menu ini adalah tauge pendek dari kacang hijau. Makanan ini akan lebih nikmat dan mengenyangkan jika disantap dengan nasi hangat dan sambal pedas.

Demikian 7 langkah mudah untuk membuat rawon ala rumahan dan lezat dan tentu lebih terjamin kebersihannya. Makanan ini juga bisa dijadikan inspirasi menu masakan harian Anda.

Baca Juga:
Penyebab Penyakit Neuropati Prifer Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Penyakit Neuropati Prifer Dan Cara Mengatasinya

Kesehatan      

3 Apr 2021 | 29


Diabetes adalah penyakit yang paling sering terjadi pada orang yang mempunyai berat badan berlebihan atau obesitas. Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini adalah dengan cara mengontrol ...

Aneka Potensi Wisata Petualangan Dairi yang Berkesan saat New Normal

Aneka Potensi Wisata Petualangan Dairi yang Berkesan saat New Normal

Wisata      

30 Jun 2020 | 441


Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang masuk ke dalam 10 destinasi prioritas. Danau Toba juga termasuk ke dalam 5 destinasi super prioritas di Indonesia. ...

5 Software Pembuat Aplikasi Android

5 Software Pembuat Aplikasi Android

Tekno      

25 Jun 2020 | 377


Saat ini, ada banyak sekali aplikasi android bermunculan. Dengan peluang bisnis yang cukup menjanjikan, maka tidak salah jika ada banyak developer mandiri ataupun perusahaan yang membuat ...

6 Tempat Wisata Menarik Di Brunei Darussalam Yang Wajib Dikunjungi

6 Tempat Wisata Menarik Di Brunei Darussalam Yang Wajib Dikunjungi

Wisata      

9 Sep 2020 | 320


Kamu tahu tidak jika di Pulau Kalimantan terdapat tiga negara sekaligus? Dimana negara negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia Timur, dan Brunei Darussalam. Brunei Darussalam merupakan ...

Tips Menjaga Smartphone Tetap Aman Meski Terkena Hujan

Tips Menjaga Smartphone Tetap Aman Meski Terkena Hujan

Tekno      

17 Okt 2020 | 279


Aghil - Saat ini, Indonesia sudah memasuki musim hujan. Karena hal itu, persiapan perlu dilakukan agar aktivitas tetap berjalan dengan baik meski kondisi hujan. Salah satunya dengan menjaga ...

KPK: Akibat Pembalakan Liar, Negara Mencapai Kerugian Hingga Rp 35 Trilliun Setiap Tahun

KPK: Akibat Pembalakan Liar, Negara Mencapai Kerugian Hingga Rp 35 Trilliun Setiap Tahun

Nasional      

17 Nov 2020 | 226


Aghil - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat bahwa negara merugi hingga Rp 35 Triliun setiap tahun gara-gara pembalakan liar. "Buruknya pengawasan menyebabkan negara didera ...