hijab.id

Selain Rendang, 3 Kuliner Indonesia Ini Juga Memikat Wisatawan Mancanegara

27 Okt 2020  |  435xDitulis oleh : Zona
Selain Rendang, 3 Kuliner Indonesia Ini Juga Memikat Wisatawan Mancanegara

Aghil - Membahas kuliner nusantara memang takkan ada habisnya untuk dinikmati. Beragam variasi dan rasa bisa kamu temukan di makanan nusantara. Bahkan, beberapa makanan khas Indonesia menarik perhatian dunia karena kelezatan dan keunikannya. Bahkan, beberapa makanan ini mudah sekali kita temukan dalam kegiatan sehari-hari kita.

Selain rendang, berikut 3 makanan asli Indonesia yang digemari oleh wisatawan mancanegara. Dilansir dari medcom.id, berikut selengkapnya.

Sate

Sate merupakan hidangan daging yang dipotong-potong kemudian ditusuk dan dibakar. Meskipun banyak makanan sejenis dapat ditemukan di beberapa negara, namun sate ini dipercaya merupakan asli Indonesia.

Mulanya, sate ini sempat dianggap makanan adaptasi dari hidangan kebab khas Timur Tengah. Kemudian, beradaptasi dengan potongan yang lebih kecil dan menyebar di seluruh Indonesia. Kemudian sate ini berkembang dengan masing-masing ciri khas dapat kita temukan di berbagai daerah.

Mulai dari sate ayam, hingga sate lilit khas Bali merupakan jenis sate yang sudah mendunia.

Tempe

Meskipun terkesan biasa dan diremehkan, ternyata tempe berhasil mendapatkan panggung di ranah mancanegara.

Dalam sejarahnya, tempe dimulai pada zaman kolonial. Metode tanam paksa dan kondisi masyarakat yang kurang mendapatkan bahan pangan lain membuat tempe menjadi bahan makanan utama untuk menjaga keseimbangan protein masyarakat Indonesia.

Encyclopaedia van Nederlandsch Indie (1922) menyebutkan tempe sebagai makanan kerakyatan karena tempe diciptakan oleh rakyat, bukan istana. Oleh karena itu kemudian muncul istilah 'bangsa tempe' yang merupakan stigmatisasi dari kalangan priyayi, sehingga membuat tempe dipandang sebelah mata.

Kata tempe berasal dari sebuah bahasa Jawa Kuno, yakni "tumpi" yang merupakan makanan berwarna putih dan dibuat dari tepung sagu mirip dengan tempe.

Saat ini, beragam cara untuk mengolah tempe ini. Mulai dari tempe goreng tepung, orak-arik, keripik tempe, dan berbagai hidangan nikmat lainnya.

Gudeg

Saat ke Yogyakarta, tidak lengkap jika tak menyantap gudeg. Bukan hanya bagi wisatawan lokal, gudeg ini ternyata populer bagi wisatawan mancanegara. Gudeg ini dibuat dari buah nangka muda yang direbus hingga empuk bersama gula aren dan bumbu lainnya.

Gudeg ini biasa disajikan bersama dengan krecek, opor ayam, telur pindang, serta sambal. Di Kota Yogyakarta, masakan khas ini dapat ditemukan paling banyak di Jalan Wijilan, dekat Keraton Yogyakarta.

Seiring berjalannya waktu, kini muncul gudeg mercon, dimana gudeg ini dibuat dengan rasa yang pedas. Ada juga gudeg kalengan yang dapat dibawa untuk perjalanan jauh.

Itulah beberapa makanan Indonesia yang telah mendunia. Bagaimana menurutmu? Apakah setuju?

Berita Terkait
Baca Juga:
Cara Mengatasi Error pada Update Terbaru Windows 10

Cara Mengatasi Error pada Update Terbaru Windows 10

Tekno      

24 Jun 2020 | 562


Windows kembali melakukan update nih. Dari beberapa pengguna yang melakukan update windows ke windows 10 terbaru, mereka mengalami eror. Akibat eror ini sangat beragam. Salah satunya yang ...

5 Makanan Yang Dianggap Sehat Oleh Para Ahli, Tetapi Sebenarnya Tidak Sehat

5 Makanan Yang Dianggap Sehat Oleh Para Ahli, Tetapi Sebenarnya Tidak Sehat

Kesehatan      

30 Jun 2020 | 511


Makanan tidak sehat bertanggung jawab atas segala penyakit dan kematian dini yang dialami oleh masyarakat dunia modern. Para pakar kesehatan berusaha sebaik mungkin untuk mengarahkan ...

Viral! Warung Makan di Jember Trending Karena Bayar Seikhlasnya

Viral! Warung Makan di Jember Trending Karena Bayar Seikhlasnya

Kuliner      

28 Nov 2020 | 268


Aghil - Pandemi Covid-19 ini memang membuat banyak orang kesulitan, banyak orang yang kehilangan pekerjaannya akibat pandemi ini. Meski begitu, tak sedikit pula orang yang mau berbagi ...

Cara Mengirim Pesan Gmail Terjadwal di Perangkat Berbeda

Cara Mengirim Pesan Gmail Terjadwal di Perangkat Berbeda

Tekno      

29 Jun 2020 | 371


Saat ini sudah eranya otomatis. Saat melakukan pembelian secara online, biasanya pembeli melakukan chat dengan penjual. Anda bisa bertanya soal hal dasar di dalamnya. Dan kemudian penjual ...

Kisah Dibalik Pembelian Gereja oleh Muhammad Al Fatif Tahun 1953

Kisah Dibalik Pembelian Gereja oleh Muhammad Al Fatif Tahun 1953

Mancanegara      

2 Sep 2020 | 434


Akhir – akhir ini Hagia Sophia sedang menjadi perbincangan tidak hanya di Turki dan menjadi perbincangan di dunia juga. Hal ini tak lain dan tak bukan karena pengalihan fungsinya ...

Penyebab Penyakit Neuropati Prifer Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Penyakit Neuropati Prifer Dan Cara Mengatasinya

Kesehatan      

3 Apr 2021 | 167


Diabetes adalah penyakit yang paling sering terjadi pada orang yang mempunyai berat badan berlebihan atau obesitas. Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini adalah dengan cara mengontrol ...