rajaview

Selain Rendang, 3 Kuliner Indonesia Ini Juga Memikat Wisatawan Mancanegara

27 Okt 2020  |  210xDitulis oleh : Zona
Selain Rendang, 3 Kuliner Indonesia Ini Juga Memikat Wisatawan Mancanegara

Aghil - Membahas kuliner nusantara memang takkan ada habisnya untuk dinikmati. Beragam variasi dan rasa bisa kamu temukan di makanan nusantara. Bahkan, beberapa makanan khas Indonesia menarik perhatian dunia karena kelezatan dan keunikannya. Bahkan, beberapa makanan ini mudah sekali kita temukan dalam kegiatan sehari-hari kita.

Selain rendang, berikut 3 makanan asli Indonesia yang digemari oleh wisatawan mancanegara. Dilansir dari medcom.id, berikut selengkapnya.

Sate

Sate merupakan hidangan daging yang dipotong-potong kemudian ditusuk dan dibakar. Meskipun banyak makanan sejenis dapat ditemukan di beberapa negara, namun sate ini dipercaya merupakan asli Indonesia.

Mulanya, sate ini sempat dianggap makanan adaptasi dari hidangan kebab khas Timur Tengah. Kemudian, beradaptasi dengan potongan yang lebih kecil dan menyebar di seluruh Indonesia. Kemudian sate ini berkembang dengan masing-masing ciri khas dapat kita temukan di berbagai daerah.

Mulai dari sate ayam, hingga sate lilit khas Bali merupakan jenis sate yang sudah mendunia.

Tempe

Meskipun terkesan biasa dan diremehkan, ternyata tempe berhasil mendapatkan panggung di ranah mancanegara.

Dalam sejarahnya, tempe dimulai pada zaman kolonial. Metode tanam paksa dan kondisi masyarakat yang kurang mendapatkan bahan pangan lain membuat tempe menjadi bahan makanan utama untuk menjaga keseimbangan protein masyarakat Indonesia.

Encyclopaedia van Nederlandsch Indie (1922) menyebutkan tempe sebagai makanan kerakyatan karena tempe diciptakan oleh rakyat, bukan istana. Oleh karena itu kemudian muncul istilah 'bangsa tempe' yang merupakan stigmatisasi dari kalangan priyayi, sehingga membuat tempe dipandang sebelah mata.

Kata tempe berasal dari sebuah bahasa Jawa Kuno, yakni "tumpi" yang merupakan makanan berwarna putih dan dibuat dari tepung sagu mirip dengan tempe.

Saat ini, beragam cara untuk mengolah tempe ini. Mulai dari tempe goreng tepung, orak-arik, keripik tempe, dan berbagai hidangan nikmat lainnya.

Gudeg

Saat ke Yogyakarta, tidak lengkap jika tak menyantap gudeg. Bukan hanya bagi wisatawan lokal, gudeg ini ternyata populer bagi wisatawan mancanegara. Gudeg ini dibuat dari buah nangka muda yang direbus hingga empuk bersama gula aren dan bumbu lainnya.

Gudeg ini biasa disajikan bersama dengan krecek, opor ayam, telur pindang, serta sambal. Di Kota Yogyakarta, masakan khas ini dapat ditemukan paling banyak di Jalan Wijilan, dekat Keraton Yogyakarta.

Seiring berjalannya waktu, kini muncul gudeg mercon, dimana gudeg ini dibuat dengan rasa yang pedas. Ada juga gudeg kalengan yang dapat dibawa untuk perjalanan jauh.

Itulah beberapa makanan Indonesia yang telah mendunia. Bagaimana menurutmu? Apakah setuju?

Berita Terkait
Baca Juga:
5 Minuman Jamu yang Bisa Bantu Perangi Covid-19

5 Minuman Jamu yang Bisa Bantu Perangi Covid-19

Kesehatan      

28 Okt 2020 | 240


Aghil - Kebiasaan minum jamu tradisional sudah menjadi budaya sejak dahulu kala di Indonesia. Tujuannya, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Beberapa jamu yang biasa kita temukan ...

Padu Padan Fashion Muslimah Trendy

Padu Padan Fashion Muslimah Trendy

Fashion      

18 Jun 2020 | 515


Fahion wanita terus mengalami evolusi dan perkembangan setiap tahunnya. Saat ini, terdapat banyak sekali jenis dan model outfit muslimah yang ramai diburu di pasaran. Jika sebelumnya outfit ...

5 Makanan Yang Dianggap Sehat Oleh Para Ahli, Tetapi Sebenarnya Tidak Sehat

5 Makanan Yang Dianggap Sehat Oleh Para Ahli, Tetapi Sebenarnya Tidak Sehat

Kesehatan      

30 Jun 2020 | 364


Makanan tidak sehat bertanggung jawab atas segala penyakit dan kematian dini yang dialami oleh masyarakat dunia modern. Para pakar kesehatan berusaha sebaik mungkin untuk mengarahkan ...

Selain 3M, Jangan Lupa 2I + 1A Saat Pandemi Corona Ini

Selain 3M, Jangan Lupa 2I + 1A Saat Pandemi Corona Ini

Nasional      

2 Nov 2020 | 192


Aghil - Musim liburan diprediksi membuat kasus Covid-19 melonjak 1,5 kali lebih tinggi. Hal ini dapat dihindari, apabila liburan tersebut tetap sesuai dengan protokol kesehatan yang ...

8 Pilihan Toner yang Efektif Mengunci Kelembaban Kulit Wajah

8 Pilihan Toner yang Efektif Mengunci Kelembaban Kulit Wajah

Tips      

22 Jun 2020 | 383


Dalam tahapan basic skincare, hydrating toner menjadi salah satu produk yang wajib digunakan. Fungsinya adalah mengembalikan pH serta mempersiapkan kulit untuk produk selanjutnya. Di ...

Basuki Setianugroho Penipu

Basuki Setianugroho Penipu

Nasional      

22 Des 2020 | 79


...