RajaKomen

5 Minuman Jamu yang Bisa Bantu Perangi Covid-19

28 Okt 2020  |  465xDitulis oleh : Zona
5 Minuman Jamu yang Bisa Bantu Perangi Covid-19

Aghil - Kebiasaan minum jamu tradisional sudah menjadi budaya sejak dahulu kala di Indonesia. Tujuannya, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Beberapa jamu yang biasa kita temukan adalah kunyit, kencur, temulawak, jahe, dan yang lainnya.

Untuk mengkonsumsi jamu, kamu perlu selalu membelinya. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Saat pandemi, menjaga kesehatan menjadi hal yang paling penting. Disinilah, jamu dapat berperan. Dimana jamu menjadi solusi untuk menjaga imunitas pada tubuh.

Melansir Detik.com, berikut beberapa jamu yang membantu menjaga kesehatan dikala pandemi.

Kunyit

Salah satu jenis jamu yang biasa diracik adalah kunyit. Kunyit mengandung senyawa yang dapat menangkal radikal bebas. Kemudian kunyit juga dapat membantu meredakan nyeri sendi atay osteoarathritis.

Tak lupa, kunyit juga membantu menjaga kesehatan dan imun tubuh.

Kencur

Kencur biasa digunakan untuk mengobati masuk angin dan flu. Kamu cukup menumbuk hingga halus kemudian tambahkan air hangat. Selain diminum, jamu ini juga dapat berfungsi sebagai inhaler.

Selanjutnya, kencur dapat mengencerkan dahak serta melegakan tenggorokan. Kemudian kencur dapat memberikan efek antiinflamasi, antioksidan dan bersifat analgesik.

Bagi anak-anak, kencur dapat meningkatkan nafsu makan bagi mereka yang susah makan.

Temulawak

Jika diminum secara rutin, temulawak dapat membantu memerangi virus Corona. Temulawak memiliki kandungan senyawa kimia seperti kurkuminoid, minyak atsiri hingga glikosida.

Kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin yang bermanfaat untuk menetralkan racun, menghilangkan nyeri, antibaktreri dan antioksidan. Selain itu, meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

Jahe

Jahe merupakan jamu yang memiliki aroma khas dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, jahe dapat mengobati rasa mual hingga artritis. 

Jahe terbukti dapat membantu ibu hami. Jahe dapat meredakan rasa mual yang biasa dirasakan oleh ibu hamil. Kemudian kandungan antioksian dan antiinflamasi dalam jahe mampu melawan bakteri saat sakit.

Bawang Putih

Bawang putih juga sering dicampurkan ke dalam jamu. Bawang putih dimanfaatkan untuk membantu tingkatkan daya tahan tubuh karena memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan.

Itulah beberapa jenis jamu tradisional yang sering diracik untuk membantu jaga stamina tubuh. Dengan sistem imunitas yang terjaga dengan baik kita dapat terhindar dari gejala corona.

Berita Terkait
Baca Juga:
Lagi Cari Bedak Penyerap Minyak, Segara 7  Cek Produk Berikut

Lagi Cari Bedak Penyerap Minyak, Segara 7 Cek Produk Berikut

Tips      

22 Jun 2020 | 588


Bedak penyerap minyak atau yang juga disebut blotting powder  berguna mengontrol minyak dan sebum yang terdapat di wajah. Hal ini berguna untuk menjaga riasan tetap sempurna. Solusi ...

Tips Terhindar dari Penipu Jual Motor dan Mobil Bekas Secara Online

Tips Terhindar dari Penipu Jual Motor dan Mobil Bekas Secara Online

Tips      

2 Jul 2020 | 513


Saat ini, transaksi jual beli secara online merupakan hal lumrah. Anda bahkan bisa melakukannya hanya dengan berdiam diri saja di rumah. Meskipun begitu, bukan berarti Anda akan diberikan ...

Tips Sukses Memulai Bisnis Rumahan

Tips Sukses Memulai Bisnis Rumahan

Tips      

29 Sep 2020 | 448


Sekarang ini banyak orang yang ingin memiliki bisnis sendiri, tetapi terhalang oleh modal yang dibutuhkan. Jalan keluar terbaik adalah memulai usaha rumahan. Untuk memulai bisnis rumahan ...

Sering Memakai Gel Rambut Ternyata Berbahaya. Nomor 3 Bikin Ngeri!

Sering Memakai Gel Rambut Ternyata Berbahaya. Nomor 3 Bikin Ngeri!

Kesehatan      

17 Okt 2020 | 310


Aghil - Agar rambut terlihat lebih rapi, gel rambut biasanya digunakan sebagai solusinya. Namun, tahukan Anda bahwa menggunakan gel rambut terlalu sering ternyata dapat membahayakan ...

Cara Mengatasi Error pada Update Terbaru Windows 10

Cara Mengatasi Error pada Update Terbaru Windows 10

Tekno      

24 Jun 2020 | 562


Windows kembali melakukan update nih. Dari beberapa pengguna yang melakukan update windows ke windows 10 terbaru, mereka mengalami eror. Akibat eror ini sangat beragam. Salah satunya yang ...

Selain Flu, 5 Penyakit Ini Juga Perlu Kamu Perhatikan Saat Musim Hujan

Selain Flu, 5 Penyakit Ini Juga Perlu Kamu Perhatikan Saat Musim Hujan

Kesehatan      

17 Okt 2020 | 345


Aghil - Saat musim hujan, kelembapan udara menjadi lebih tinggi. Di satu sisi, tentu kita senang karena kekeringan sudah tidak akan menyerang. Namun di sisi lain, musim hujan juga bisa ...