hijab.id

5 Minuman Jamu yang Bisa Bantu Perangi Covid-19

28 Okt 2020  |  368xDitulis oleh : Zona
5 Minuman Jamu yang Bisa Bantu Perangi Covid-19

Aghil - Kebiasaan minum jamu tradisional sudah menjadi budaya sejak dahulu kala di Indonesia. Tujuannya, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Beberapa jamu yang biasa kita temukan adalah kunyit, kencur, temulawak, jahe, dan yang lainnya.

Untuk mengkonsumsi jamu, kamu perlu selalu membelinya. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Saat pandemi, menjaga kesehatan menjadi hal yang paling penting. Disinilah, jamu dapat berperan. Dimana jamu menjadi solusi untuk menjaga imunitas pada tubuh.

Melansir Detik.com, berikut beberapa jamu yang membantu menjaga kesehatan dikala pandemi.

Kunyit

Salah satu jenis jamu yang biasa diracik adalah kunyit. Kunyit mengandung senyawa yang dapat menangkal radikal bebas. Kemudian kunyit juga dapat membantu meredakan nyeri sendi atay osteoarathritis.

Tak lupa, kunyit juga membantu menjaga kesehatan dan imun tubuh.

Kencur

Kencur biasa digunakan untuk mengobati masuk angin dan flu. Kamu cukup menumbuk hingga halus kemudian tambahkan air hangat. Selain diminum, jamu ini juga dapat berfungsi sebagai inhaler.

Selanjutnya, kencur dapat mengencerkan dahak serta melegakan tenggorokan. Kemudian kencur dapat memberikan efek antiinflamasi, antioksidan dan bersifat analgesik.

Bagi anak-anak, kencur dapat meningkatkan nafsu makan bagi mereka yang susah makan.

Temulawak

Jika diminum secara rutin, temulawak dapat membantu memerangi virus Corona. Temulawak memiliki kandungan senyawa kimia seperti kurkuminoid, minyak atsiri hingga glikosida.

Kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin yang bermanfaat untuk menetralkan racun, menghilangkan nyeri, antibaktreri dan antioksidan. Selain itu, meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

Jahe

Jahe merupakan jamu yang memiliki aroma khas dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, jahe dapat mengobati rasa mual hingga artritis. 

Jahe terbukti dapat membantu ibu hami. Jahe dapat meredakan rasa mual yang biasa dirasakan oleh ibu hamil. Kemudian kandungan antioksian dan antiinflamasi dalam jahe mampu melawan bakteri saat sakit.

Bawang Putih

Bawang putih juga sering dicampurkan ke dalam jamu. Bawang putih dimanfaatkan untuk membantu tingkatkan daya tahan tubuh karena memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan.

Itulah beberapa jenis jamu tradisional yang sering diracik untuk membantu jaga stamina tubuh. Dengan sistem imunitas yang terjaga dengan baik kita dapat terhindar dari gejala corona.

Berita Terkait
Baca Juga:
Selain Rendang, 3 Kuliner Indonesia Ini Juga Memikat Wisatawan Mancanegara

Selain Rendang, 3 Kuliner Indonesia Ini Juga Memikat Wisatawan Mancanegara

Kuliner      

27 Okt 2020 | 342


Aghil - Membahas kuliner nusantara memang takkan ada habisnya untuk dinikmati. Beragam variasi dan rasa bisa kamu temukan di makanan nusantara. Bahkan, beberapa makanan khas Indonesia ...

Tempat Wisata Keren Yang Ada Di Bali

Tempat Wisata Keren Yang Ada Di Bali

Wisata      

15 Jul 2020 | 576


Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Bali? Pastinya Semua orang mengetahui dengan namanya Pulau Bali. Ya? Pulau dewata ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di ...

Tips Terhindar dari Penipu Jual Motor dan Mobil Bekas Secara Online

Tips Terhindar dari Penipu Jual Motor dan Mobil Bekas Secara Online

Tips      

2 Jul 2020 | 463


Saat ini, transaksi jual beli secara online merupakan hal lumrah. Anda bahkan bisa melakukannya hanya dengan berdiam diri saja di rumah. Meskipun begitu, bukan berarti Anda akan diberikan ...

8 Pilihan Toner yang Efektif Mengunci Kelembaban Kulit Wajah

8 Pilihan Toner yang Efektif Mengunci Kelembaban Kulit Wajah

Tips      

22 Jun 2020 | 509


Dalam tahapan basic skincare, hydrating toner menjadi salah satu produk yang wajib digunakan. Fungsinya adalah mengembalikan pH serta mempersiapkan kulit untuk produk selanjutnya. Di ...

Tengok Sebentar Yuk, Keserasian Nikita Willy dengan Sang Suami Menggunakan Pakaian Adat

Tengok Sebentar Yuk, Keserasian Nikita Willy dengan Sang Suami Menggunakan Pakaian Adat

Fashion      

17 Okt 2020 | 1520


Aghil - Pada hari Jum'at kemarin tanggal 16 Oktober 2020, akhirnya Nikita Willy resmi dipersunting oleh Indra sang suami. Acara tersebut lebih banyak dihadiri oleh pihak keluarga, ...

5 Software Pembuat Aplikasi Android

5 Software Pembuat Aplikasi Android

Tekno      

25 Jun 2020 | 473


Saat ini, ada banyak sekali aplikasi android bermunculan. Dengan peluang bisnis yang cukup menjanjikan, maka tidak salah jika ada banyak developer mandiri ataupun perusahaan yang membuat ...