rajatraffic

5 Minuman Jamu yang Bisa Bantu Perangi Covid-19

28 Okt 2020  |  193xDitulis oleh : Zona
5 Minuman Jamu yang Bisa Bantu Perangi Covid-19

Aghil - Kebiasaan minum jamu tradisional sudah menjadi budaya sejak dahulu kala di Indonesia. Tujuannya, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Beberapa jamu yang biasa kita temukan adalah kunyit, kencur, temulawak, jahe, dan yang lainnya.

Untuk mengkonsumsi jamu, kamu perlu selalu membelinya. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Saat pandemi, menjaga kesehatan menjadi hal yang paling penting. Disinilah, jamu dapat berperan. Dimana jamu menjadi solusi untuk menjaga imunitas pada tubuh.

Melansir Detik.com, berikut beberapa jamu yang membantu menjaga kesehatan dikala pandemi.

Kunyit

Salah satu jenis jamu yang biasa diracik adalah kunyit. Kunyit mengandung senyawa yang dapat menangkal radikal bebas. Kemudian kunyit juga dapat membantu meredakan nyeri sendi atay osteoarathritis.

Tak lupa, kunyit juga membantu menjaga kesehatan dan imun tubuh.

Kencur

Kencur biasa digunakan untuk mengobati masuk angin dan flu. Kamu cukup menumbuk hingga halus kemudian tambahkan air hangat. Selain diminum, jamu ini juga dapat berfungsi sebagai inhaler.

Selanjutnya, kencur dapat mengencerkan dahak serta melegakan tenggorokan. Kemudian kencur dapat memberikan efek antiinflamasi, antioksidan dan bersifat analgesik.

Bagi anak-anak, kencur dapat meningkatkan nafsu makan bagi mereka yang susah makan.

Temulawak

Jika diminum secara rutin, temulawak dapat membantu memerangi virus Corona. Temulawak memiliki kandungan senyawa kimia seperti kurkuminoid, minyak atsiri hingga glikosida.

Kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin yang bermanfaat untuk menetralkan racun, menghilangkan nyeri, antibaktreri dan antioksidan. Selain itu, meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

Jahe

Jahe merupakan jamu yang memiliki aroma khas dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, jahe dapat mengobati rasa mual hingga artritis. 

Jahe terbukti dapat membantu ibu hami. Jahe dapat meredakan rasa mual yang biasa dirasakan oleh ibu hamil. Kemudian kandungan antioksian dan antiinflamasi dalam jahe mampu melawan bakteri saat sakit.

Bawang Putih

Bawang putih juga sering dicampurkan ke dalam jamu. Bawang putih dimanfaatkan untuk membantu tingkatkan daya tahan tubuh karena memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan.

Itulah beberapa jenis jamu tradisional yang sering diracik untuk membantu jaga stamina tubuh. Dengan sistem imunitas yang terjaga dengan baik kita dapat terhindar dari gejala corona.

Berita Terkait
Baca Juga:
dua

dua

Fashion      

1 Des 2020 | 86


...

Tips Jitu Agar AC Mobil Tetap Awet dan Berfungsi Optimal

Tips Jitu Agar AC Mobil Tetap Awet dan Berfungsi Optimal

Tips      

26 Jun 2020 | 359


Indonesia merupakan negara yang memiliki kondisi cuaca yang cukup panas. Sebagai negara beriklim tropis, AC atau Air Conditioner sangat dibutuhkan oleh para pengendara mobil. Tanpa AC, ...

Basuki Setianugroho Penipu

Basuki Setianugroho Penipu

Nasional      

22 Des 2020 | 39


...

satu

satu

Fashion      

1 Des 2020 | 93


...

Kerennya 5 Model Kebaya Brokat Wajib Dimiliki Wanita Ini

Kerennya 5 Model Kebaya Brokat Wajib Dimiliki Wanita Ini

Fashion      

24 Jun 2020 | 529


Brokat merupakan bahan kain yang kaya akan dekorasinya. Keindahan dan uniknya kain tersebut mendatangkan inspirasi untuk dimanfaatkan sebagai outfit kebaya. Kebaya brokat baru-baru ini ...

empat

empat

Fashion      

1 Des 2020 | 79


...